Sekilas Info

MALUKU LUMBUNG IKAN NASIONAL

Kepala BKPM RI Sebut Kunjungan ke Ambon untuk Tindaklanjut Maluku Sebagai LIN Targetnya 2023

satumalukuID/Husen Toisuta Dari kiri: Kepala BKPM RI Bahlil Lahadalia, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Kelautan dan Perikanan Wahyu Sakti Trenggono, bersama Gubernur Maluku Murad Ismail, di atas KM Siwalima, di Pelabuhan Hurnala, Tulehu, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, Jumat (5/2/2021).

satumalukuID- Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) RI, Bahlil Lahadalia, mengaku kedatangannya bersama Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, serta Menteri Kelautan dan Perikanan, Wahyu Sakti Trenggono, untuk menindaklanjuti program yang sudah dicanangkan Presiden Soesilo Bambang Yudoyono tahun 2014 silam yaitu Maluku sebagai Lumbung Ikan Nasional (LIN).

"Atas konteks itu atas arahan Bapak Presiden kepada kami untuk mempersiapkan segala sesuatu yang terkait dengan menuju Maluku sebagai LIN," kata Bahlil.

Bahlil yang mengaku sebagai putra daerah ini, mengatakan, kedatangan pihaknya juga untuk melakukan sinkronisasi terhadap persiapan-persiapan terkait infrastruktur, baik New Port maupun Pelabuhan Perikanan dan Kawasan Perindustrian.

"Intinya ini adalah pola kerjasama antara investasi yang akan dikelola oleh swasta murni dengan kehadiran pemerintah dalam menyiapkan infrastruktur dasar," jelasnya.

Ia mengaku, tidak ada cara lain untuk mengurus investasi guna mendorong Maluku sebagai kawasan pertumbuhan ekonomi baru dalam aspek yang terfokus pada sektor perikanan.

"Insya Allah ini perintah Bapak Presiden tidak boleh lama-lama, kita harus action cepat dan ditaregtkan tahun 2023 baik pelabuhan Insya Allah maupun infrastruktur lainnya bahkan industrinya itu sudah bisa berjalan," katanya.

Mengenai perijinan dari pusat, Bahlil mengaku BKPM akan membantu secara penuh, sehingga sehingga percepatan pembangunan dapat segera dilakukan.

Penulis: Husen Toisuta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!