Sekilas Info

CUACA EKSTRIM

Ini Detik-detik Penyelamatan Penumpang Speedboat Tenggelam di Maluku Barat Daya

satumalukuID - Cuaca ekstrim yang melanda sebagian besar wilayah di Kepulauan Maluku, termasuk di Kabupaten Maluku Barat Daya masih berlangsung hingga hari ini, Jumat (5/2/2021).

Cuaca ekstrim ini pada Kamis kemarin (4/2/2021), bahkan sempat menenggelamkan sebuah speedboad berpenumpang, yang berangkat dari  Desa Laitutun, Pulau Letti menuju ke Tiakur, ibukota Kabupaten. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Salah seorang warganet, Cost Aswaly, membagikan rekaman momen tenggelamnya speedboat tersebut, termasuk upaya pertolongan dari aparat Satuan Polisi Air Polres MBD, yang dibantu beberapa warga setempat. Penyelamatan dramatis itu akhirnya berhasil menyelamatkan empat (4) penumpang beserta awak speedboat ini, didapat Cost dan diposting pada akun Youtube-nya Aswaly Costner. Dia juga membagikan video detik-detik tenggelamnya speedboat yang terlihat menerjang gulungan ombak yang ada.

Upaya pertolongan penumpang dan awak speedboat ini, menurut Cost, diawali teriakan minta tolong dari warga yang saat Kamis kemarin sementara berada di pantai Pelabuhan Penyeberangan Ferry Tiakur.

Mereka menyaksikan detik-detik terjadinya kecelakaan speedboad berpenumpang itu, yang sontak membuat beberapa anak muda menceburkan diri ke laut untuk mencoba melakukan penyelamatan.

“Aksi heroik mereka sama sekali tidak memperhitungkan keselamatan (demi menolong penumpang), di saat tingginya gelombang laut yang terus menggulung speedboad terbalik itu,’ tulis Cost pada laman facebooknya.

Dia berharap semoga kejadian ini tidak terulang lagi. Sebab kondisi hingga Jumat ini, cuaca masih sangat ekstrim. Angin kencang, menurut Cost, masih tetap bertiup dengan kecepatan yang sama seperti hari-hari kemarin bahkan belum menunjukan tanda-tanda akan reda.

“Mari basudara pemilik speedboad maupun calon penumpang dari dan ke Pulau Moa atau sebaliknya. Jangan nekad. Jangan sok jagoan. Jangan pikir Selat Letti Moa ini dekat. Keselamatan adalah hal utama. Jadilah bijak di saat alam mulai bosan dan tidak bersahabat dengan kita. Selamat pagi selamat berkatifitas di hari ini,” pesan Cost di akhir postingannya.

Penulis: Embong
Editor:Embong

Baca Juga

error: Content is protected !!