Sekilas Info

PEPARNAS 2021 PAPUA

NPC Provinsi Maluku Lakukan Rekrutmen Atlit Disabilitas untuk Pekan Paralimpik Nasional XVI Papua

Foto ilustratsi pertandingan tenis meja saat Perpanas XV Jawa Barat, tahun 2016.

satumalukuID - National Paralympic Committee (NPC) Provinsi Maluku melakukan rektrutmen atlet difabel untuk enam cabang olahraga sebagai persiapan menghadapi Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI tahun 2021 di Papua.

Pembina NPC Maluku Fery Nahusona menyatakan, proses rekrutmen atlet bekerja sama dengan panti asuhan atau komunitas yang menampung penyandang disabilitas, untuk dibina dan dikembangkan pada cabang olahraga tertentu.

Pihaknya juga berkoordinasi dengan Dinas Pemuda dan Olahraga provinsi Maluku untuk melihat potensi di kabupaten dan kota lainnya.

"Kita berupaya melalui Dispora untuk merekrut atlet difabel yang dapat dipersiapkan menghadapi Peparnas, " katanya, Rabu (3/2/201) di Ambon.

Ia mengatakan, saat ini NPC Maluku terpusat di Kota Ambon dan belum ada pengembangan ke kabupaten dan kota lainnya.

"Kita berbeda dengan KONI yang memiliki kepengurusan di tingkat kota dan kabupaten, sehingga dapat melakukan rekrutmen berjenjang, " ujarnya.

Menghadapi Peparnas 2021 pihaknya melakukan upaya penambahan cabang olahraga, jika sebelumnya di Peparnas tahun 2016 hanya mengikutsertakan lima cabang olahraga dengan 24 atlet.

Peparnas 2021 Maluku akan mengirim 30 atlet utuk enam cabang olahraga yakni renang, tenis meja, atletik, bulu tangkis, catur dan menembak.

Saat ini sebanyak 24 atlet menjalani pelatihan secara mandiri  yang merupakan atlet yang telah mengikuti Peparnas sebelumnya.

Baca Juga

error: Content is protected !!