Sekilas Info

Frekuensi Penyeberangan Feri Rute Pulau Ambon – Pulau Saparua akan Ditambah

satumalukuID - PT. Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Cabang Ambon akan menambah frekuensi pelayaran bagi KMP Layur guna mengisi lintasan pelabuhan Uneputi di Pulau Saparua menuju pelabuhan Waai, Pulau Ambon.

"Kami sementara menunggu ijin dari Pemerintah Maluku Tengah terkait lintasan Uneputi-Wai yang masuk dalam kawasan pemerintahan Kabupaten Maluku Tengah," kata manajer operasional ASDP Cabang Ambon Syamsuddin Tanassy.

Bila ijin sudah ada, kata dia, maka transportasi laut bagi masyarakat dari Pulau Saparua yang mau datang ke Ambon maupun sebaliknya akan lancar.

Syamsuddin menjelaskan, pada lintasan tersebut selama ini memang dilayani oleh KMP Samandar dengan rute pelayaran dari pelabuhan Waai - Uneputi - Nalahia sampai ke pelabuhan Amahai (Masohi).

Sesuai jadwal, pada Senin KMP Samandar berlayar dari pelabuhan Waai - Uneputi - Nalahia dan kembali lagi ke Waai. Pada Selasa, lintasannya agak panjang yakni Waai - Uneputi - Nalahia - Amahai dan kembali ke Wai pada Rabu.

Pada Kamis, lintasan yang dilalui yakni Wai - Uneputi - Nalahia dan kembali ke Wai. Pada Jumat, lintasan diperpanjang sampai pelabuhan Amahai, dan menginap sampai hari Minggu baru kembali lagi ke Wai.

Syamsuddin mengakui sesuai hasil evaluasi lintasan itu pada waktu-waktu tertentu memang padat, namun pada tahun 2021 ini akan terjawab dengan penambahan frekuensi pelayaran KMP Layur yang akan mengisi lintasan Waai - Uneputi.

Selama ini KMP Layur beroperasi pada lintasan Wailei - Uneputi, tetapi nanti pada setiap Selasa dan Jumat akan mengisi jalur Wai - Uneputi.

"Jadi nanti setiap hari Selasa dan Jumat KMP. Layur akan mengisi jalur tersebut dengan perhitungan waktu berlayar yakni pada pukul, 11.00 WIT kapal bertolak dari pelabuhan Uneputi, Pulau Saparua menuju Pelabuhan Waai Pulau Ambon, dan akan kembali ke Uneputi pada sore hari, kemudian pada hari Jumat dengan perhitungan yang sama," ujarnya.

Baca Juga

error: Content is protected !!