Sekilas Info

Terapkan Protokol Kesehatan, Seluruh Peserta Sidang Sinode ke-38 GPM Harus Jalani Rapid Test Antigen

Calon peserta dan panitia Sidang Sinode ke-38 GPM menjalani rapid test antigen sebagai upaya penerapan protokol kesehatan.

satumalukuID – Persiapan pelaksanaan Sidang Sinode ke-38 Gereja Protestan Maluku (GPM) pada 7 hingga 14 Februari 2021 memasuki tahapan akhir. Salah satunya dengan melakukan persiapan protokol Kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19.

Ketua Panitia Pelaksana Sidang Sinode ke-38 GPM Toni Pariela menjelaskan pihaknya mendapat bantuan 1.000 paket alat rapid test antigen dari Satgas Covid-19 Provinsi Maluku. Sebanyak 500 paket sudah digunakan pada Sabtu (30/1/2020). Sedangkan sisanya, akan digunakan lagi pada Rabu dan Sabtu mendatang.

Menurut Pariela, panitia pelaksana memperhatikan dengan serius upaya protokol kesehatan Covid-19 terkait Sidang Sinode ke-38 GPM. Pihaknya akan memastikan seluruh pihak yang terlibat dalam kegiatan ini lolos dari rapid test antigen. Apalagi acara ini rencananya akan dibuka dan dihadiri Menteri Agama.

“Kemarin Sabtu, saat pelaksanaan rapid test antigen, semua peserta dan pra pelayan di Ambon sangat antusias karena didasari kesadaran tentang protokol kesehatan Covid-19,” ujarnya saat live streaming di RRI Ambon.

Pariela juga memastikan semua yang terlibat dalam pelaksanaan Sidang Sinode ke-38 diwajibkan menggunakan tanda lolos rapid test. “Mereka harus menggunakan tanda hasil rapid test saat beraktivitas dalam semua kegiatan, baik saat pembukaan, rapat-rapat komisi maupun siding pleno,” timpalnya.

Bahkan dia memastikan panitia telah membentuk Satgas yang bekerjasama dengan Satgas Covid Provinsi Maluku maupun Kota Ambon untuk mengawasi semua aktivitas agar menjamin pelaksanaan sidang sinode ini dengan protokol kesehatan yang ketat.

“Kami juga sudah mengingatkan peserta biasa maupun peserta luar biasa yang akan hadir di Ambon untuk sedapat mungkin sudah melakukan rapid test di daerah masing-masing. Tapi kalau belum juga panitia telah menyiapkan rapid test di Ambon,” ungkapnya.

Rencananya, peserta biasa yang terlibat dalam kegiatan ini mencapai 280-an orang, sedangkan peserta luar biasa sebanyak 172.

Sementara itu, sejumlah pendeta GPM telah menjalani vaksinasi tahap kedua. Mereka di antaranya Pdt. E.T. Maspaitella (Sekum MPH Sinode GPM), Pdt. R. Rikumahu (Ketua Klasis GPM Pulau Ambon), Pdt. Ny. A. Lohy-Norimarna (Sekretaris Klasis GPM Kota Ambon) dan Pdt. Buce Ayal dari Klasis Pulau Ambon Timur.

Penulis: m-15
Editor:Redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!