Sekilas Info

LAWAN COVID-19

Kondisi Uskup dan Dua Pastor Keuskupan Amboina Baik-baik Saja

satumalukuID/Husen Toisuta Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Maluku, Adonia Rerung, saat memberikan keterangan pers di Kantor Gubernur Maluku, Kota Ambon.

satumalukuID- Kondisi Uskup Diosis Amboina Mgr Petrus Canisius Mandagi, Msc, saat ini dalam kondisi baik, setelah dinyatakan terpapar Covid-19 pada Jumat (29/1/2021).

Selain Uskup, di Keuskupan Amboina terdapat dua pasien Covid lainnya. Yaitu Pastor Seno Ino Ngutra dan Pastor Agus Arbol. Kondisi keduanya juga dalam kondisi membaik.

"Baik-baik saja," kata juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku, dr. Adonia Rerung, menjawab konfirmasi satumaluku.id, terkait kondisi Uskup dan dua Pastor yang terkonfirmasi Covid pada Keuskupan Amboina, Senin (1/2/2021).

Adonia pada kesempatan itu juga mengklarifikasi terkait dengan pemberitaan mengenai terpaparnya Pastor Patris Angwarmase.

"Terkait berita bahwa dari Keuskupan Ambon terkonfirmasi Corona 3 orang yaitu Uskup Mandagi, pastor Seno (Ino) Ngutra dan pastor Patris Angwarmase, maka dengan ini kami sampaikan bahwa bukan pastor Patris Angwarmase yang positif melainkan pastor Agus Arbol," jelasnya.

Sebelumnya diberitakan, Uskup Amboina Mgr. Petrus Canisius Mandagi, Msc, dinyatakan terpapar Covid-19, Jumat (29/1/2021). Beliau kini dirawat di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) dr. J. Leimena, Kota Ambon.

Tertularnya Uskup diketahui setelah Rumah Sakit Siloam Ambon mengeluarkan hasil pemeriksaan swab PCR.

Tes swab dilakukan setelah sebelumnya Pastor Inomutra, Sekretaris Keuskupan Amboina, terpapar Covid-19 lebih dulu.

"Saya Pastor Ignasius S.S Refo, Vikaris Jenderal Keuskupan Amboina, diberitahukan sendiri oleh Uskup Diosis Amboina Petrus Canisius Mandagi, bahwa yang mulia bapak Uskup telah menerima sendiri hasil swab PCR pada pukul 1 (01.00 WIT). Dari hasil swab PCR tersebut dinyatakan bahwa yang mulia bapak Uskup positif Covid-19," kata Pastor Ignasius S.S Refo, Vikaris Jenderal Keuskupan Amboina, melalui video conference yang diterima satumaluku.id, Sabtu (30/1/2021).

Menurutnya, sampai saat ini kondisi kesehatan Uskup stabil. Beliau sendiri telah meminta untuk dirawat di RSUP dr. J. Leimena Ambon. Ini setelah berkoordinasi dengan Gugus tugas penanganan Covid-19 Provinsi Maluku.

"Disampaikan pula bahwa hari kemarin Pastor Inomutra, sekretaris keuskupan Amboina telah terlebih dahulu dinyatakan positif Covid-19 dan kini telah dirawat di RSUP dr. J. Leimena Ambon," terangnya.

Ignasius menyebutkan, dengan keadaan Uskup yang masih terpapar virus pandemi, sehingga proses tabisan iman pada hari ini ditunda hingga kondisi Uskup membaik.

"Tabisan iman yang direncanakan dilaksanakan esok Sabtu (30/1/2021) akan ditunda sampai kesehatan Uskup membaik kembali," tandasnya.

Penulis: Husen Toisuta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!