Sekilas Info

Patah Kemudi di Ambon Kapal Ikan Risna 02 Ditemukan Tim SAR, 11 Orang Selamat

satumalukuID- Sempat dikabarkan mengalami patah kemudi, kapal ikan dengan nama lambung Risna 02, akhirnya ditemukan tim SAR, Rabu (27/1/2021).

Kapal yang berawak 11 orang ABK ini ditemukan selamat, terombang ambing di perairan laut Desa Wakasihu, Kecamatan Leihitu Barat, Kabupaten Maluku Tengah.

Kepala Badan SAR Ambon, Djunaidi, mengungkapkan, kapal berwarna biru ini ditemukan setelah pihaknya mendapat laporan kejadian yang membahayakan nyawa manusia di laut ini.

"Kami terima info tadi pukul 13.45 WIT dari bapak Muzakir bahwa KM. Risna 02 dengan penumpang sebanyak 11 orang mengalami kecelakaan. Kemudinya patah," kata Djunaidi.

Mendapat kabar terkait kapal yang hendak kembali ke Namlea, Kabupaten Buru ini, Basarnas Ambon kemudian mengerahkan tim SAR dengan menggunakan sebuah kapal karet (RIB).

"Operasi hari pertama terhadap kapal yang mengalami patah kemudi dilakukan sejak pukul 14.05 WIT, Tim Rescue Kansar Ambon menggunakan RIB bergerak menuju lokasi pencarian," terangnya.

Upaya pencarian dengan kondisi cuaca hujan ringan, angin barat - barat laut 5-10 knots, dan tinggi gelombang 0,5 - 1 Meter, membuahkan hasil.

"Kapal ditemukan di perairan desa Wakasihu dalam keadaan selamat dan sudah dievakuasi ke dusun Tapi, Desa Wakasihu," jelasnya.

Dengan ditemukannya kapal bersama 11 orang ABK dalam keadaan selamat dan sudah di evakuasi, maka operasi SAR dinyatakan selesai atau ditutup.

Berikut identitas para penumpang kapal yang ditemukan dengan selamat:

1.Abdul rakit maulette (60)
2.Adu karim (31)
3.Rusli latangele (33)
4.Daim (18)
5.Abu (34)
6.Isnai (43)
7.Adam (21)
8.Ari (47)
9.Bakri (33)
10.Stephanus (23)
11.Erwin (31)

Foto: Kapal Ikan ditemukan tim SAR. (satumalukuID/Istimewa)

Penulis: Husen Toisuta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!