Sekilas Info

Tim SAR Temukan Kapal Faisal Loumbasi, Tiga Awaknya Dalam Kondisi Selamat

satumalukuID- Kapal Motor Faisal Loumbasi yang sebelumnya dikabarkan mengalami mati mesin di perairan Pulau Buwar, Kabupaten Kepulauan Aru, akhirnya ditemukan oleh Tim SAR Pos Kepulauan Aru, Selasa (26/1/2021) sekira pukul 16.00 WIT.

Tiga anak buah kapal (ABK) yaitu La Umbasi (30), La Jumi (25) dan La Anto (28) juga ditemukan dalam kondisi selamat. Kapal naas itu, sudah dievakuasi ke Pulau Kenari, Kepulauan Aru, atau sekitar 12 NM dengan heading 12 ° Utara dari lokasi penemuan.

"Alhamdulillah, kami berhasil menemukan KM Faisal dengan ABK dalam kondisi selamat," kata Djunaidi, Kepala Basarnas Ambon, Selasa (26/1/2021).

Berhasil ditemukan unsur SAR yang terdiri dari tim Rescue Unit Siaga SAR Kepulauan Aru, anggota Polair Dobo dan BNPB, maka operasi SAR pencarian korban dinyatakan selesai.

"Dengan ditemukannya korban dalam keadaan selamat dan telah dievakuasi maka Ops SAR dinyatakan selesai dan diajukan permohonan untuk ditutup, kepada Unsur SAR yang terlibat diucapkan terima kasih," kata Djunaidi di Ambon.

Sebelumnya diberitakan, Badan SAR Nasional (Basarnas) atau Kantor Pencarian dan Pertolongan Ambon, kembali mengerahkan tim SAR Pos Kepulauan Aru, untuk mencari Kapal Motor (KM) Faisal Loumbasi yang berawak tiga orang.

KM Faisal Loumbasi yang berpenumpang tiga anak buah kapal itu dikabarkan mengalami mati mesin di perairan Pulau Buwar, Kabupaten Kepulauan Aru, Selasa (26/1/2021).

"Kami terima informasi dari bapak Subarjo kalau KM Faisal dengan POB 3 orang mengalami mati mesin (rusak total)," kata Kepala Basarnas Ambon, Djunaidi.

Mendapat kabar yang membahayakan nyawa manusia di lautan itu, tim SAR langsung dikerahkan menuju lokasi pencarian pada pukul 12.52 WIT.

"Pencarian dilakukan menggunakan Speed Boat BPBD Aru," terangnya.

Menurutnya, selain Tim Rescue Unit Siaga SAR Kepulauan Aru, unsur SAR lainnya juga dilibatkan menuju lokasi duga 05°25’37.26’’S - 134°21’21.66’’E.

"Unsur SAR yang terlibat diantaranya, Tim Rescue Unit Siaga SAR Aru, Polair, dan BPBD Dobo. Cuaca di lapangan Hujan ringan, angin barat – barat laut 5-25 knot, dan tinggi gelombang 2,5 – 4 m," terangnya.

Foto: Istimewa

Penulis: Husen Toisuta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!