Sekilas Info

LAWAN COVID-19

4.040 Botol Vaksin Covid Sinovac Tiba di Masohi Maluku Tengah

satumalukuID- Sebanyak 4.040 botol vaksin Covid-19 Sinovac, akhirnya tiba dengan aman di Masohi, Ibukota Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), Senin (25/1/2021) malam.

Kedatangan ribuan vaksin dengan mobil box milik PT. Pos Indonesia Cabang Ambon ini dijemput langsung oleh Kapolres Malteng, AKBP Rositah Umasugi, bersama sejumlah pejabat daerah lainnya.

Kapolres Malteng AKBP Rositah Umasugi menyebutkan, selain menjemput, pihaknya bersama para pejabat daerah juga turut meninjau gudang penyimpanan vaksin.

"Tadi tiba sekitar pukul 19.00 WIT. Ada sebanyak 4.040 dosis vaksin Sinovac yang diangkut dengan mobil box milik Pos dan Giro. Vaksin-vaksin ini di bawa melalui transportasi laut, yakni feri Hunimua-Waipirit, kemudian dari Waipirit menuju Masohi," kata Rositah.

Mantan Kabag Binops Direktorat Lalu Lintas Polda Maluku ini mengaku pendistribusian vaksin sinovac mendapat pengawalan ketat dari personil Ditlantas Polda Maluku dan Polres Malteng.

Dalam perjalanan dari Pelabuhan Waipirit, Kabupaten Seram Bagian Barat, menuju Masohi, dikawal secara ketat oleh 2 personel Ditlantas Polda Maluku bersama 40 personel gabungan Polres Malteng yang dipimpin Iptu La Maru, didampingi Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Malteng, Darwin Lessy.

Di Masohi, ribuan vaksin yang nantinya akan disuntikan kepada para tenaga kesehatan ini diserahkan dari Dinas Kesehatan Provinsi Maluku, yang ditandatangani Kepala Dinas Kefarmasian Provinsi Maluku, Toria Sangadji.

Selanjutnya, orang nomor 1 di Polres Malteng ini mengaku ribuan dosis vaksin ini dipindahkan ke gudang obat yang telah disediakan oleh Pemerintah Kabupaten Malteng.

"Vaksin diamankan diruangan P2P (Pencegahan dan pengendalian  Penyakit) Dinas Kesehatan Kabupaten," ujarnya.

Menurutnya, pengiriman vaksin tak hanya untuk Malteng, tapi juga kepada Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT). Saat ini, pengiriman ke sana sudah dilakukan setelah personil Polres SBT tiba.

"Sekitar pukul 19.45 WIT, ribuan vaksin milik SBT sudah digeser menuju Kota Bula, dengan pengawalan dari 2 personil Ditlantas Polda Maluku, 2 Personil Brimob Yon B Amahai, dan  personil Polres SBT," tandasnya.

Foto: Istimewa

Penulis: Husen Toisuta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!