Sekilas Info

Kodam Pattimura dan Taspen Ambon Kolaborasi Bangun Sekolah untuk Suku Mausu Ane

satumalukuID/Istimewa Sekolah Dasar Merah Putih Siahari, di permukiman Suku Mausu Ane, Dusun Siahari, Kecamatan Seram Utara Timur Kobi, Kabupaten Maluku Tengah.

satumalukuID- Kodam XVI/Pattimura dan PT. Taspen Cabang Ambon, berkolaborasi membangun Sekolah Dasar (SD) Negeri di permukiman Suku Mausu Ane, Dusun Siahari, Kecamatan Seram Utara Timur Kobi, Kabupaten Maluku Tengah.

Sekolah yang diberi nama Merah Putih ini resmi difungsikan melalui peresmian yang dilakukan Danrem 151/Binaiya Brigjen TNI Arnold Ritiauw, bersama Branch Manager PT Taspen Ambon Surya Mustafa.

Danrem 151/Binaiya Arnold Ritiauw, mengaku, TNI tetap berkomitmen memberikan sumbangsih tenaga untuk pembangunan di Maluku, khususnya infrastruktur di bidang pendidikan.

Menurutnya, kolaborasi dilakukan melalui CSR Program Kemitraan Bina Lingkungan (PKBL) dari PT Taspen Ambon. Program ini memberikan bantuan dana Rp.200 juta untuk pembangunan sekolah yang tidak layak. Dana tersebut kemudian diserahkan kepada TNI untuk membangun sekolah.

"Tugas dan tanggungjawab TNI sekarang juga membangun sarana pendukung di tengah masyarakat termasuk sekolah dan tempat ibadah. Jadi seperti ini Taspen yang berikan uang, kami (TNI) yang bangun sekolahnya," kata Danrem di sela-sela Peresmian SDN Merah Putih Siahari, Sabtu (23/1/2021).

Sekolah ini, tambah Danrem, nantinya untuk Babinsa di wilayah setempat akan diberikan tugas khusus untuk mengajar membaca dan menulis bagi anak-anak suku mausu ane.

"Karena di sini pasti anak-anak masih banyak yang belum bisa baca dan tulis. Babinsa ada tugas tambahan untuk mendampingi mereka," terangnya.

Ia berharap, SDN Merah Putih Siahari dapat menjadi tempat menimbah ilmu bagi anak-anak suku Mausu Ane, yang ke depan akan menelorkan generasi muda pemegang tongkat estafet pembangunan Maluku.

"Kami berharap kerjasama pembangunan baik sarana pendidikan, infrastruktur, sarana ibadah dan lain-lain dengan PT Taspen tetap terjalin di masa-masa mendatang," harapnya.

Branch Manager PT. Taspen Cabang Ambon, Surya Mustafa, menambahkan, pembangunan sekolah di sini terpilih karena sangat memprihatinkan. Pemilihan lokasi di permukiman suku mausu ane setelah pihaknya sempat melakukan survey beberapa sekolah yang tidak layak di wilayah Pulau Ambon dan Pulau Seram.

"Setelah survey kami menghadap Panglima Kodam XVI/Pattimura koordinasi kerjasama. Setelah disepakati pembangunannya dimulai November 2020 yang dibantu personil TNI AD dari Kodim Masohi dan dibawah pengawasan langsung Danrem 151/Binaiya di wilayah tersebut," jelasnya.

Sementara itu, Camat Seram Utara Kobi, Didik Tristi Warso memberikan apresiasi kepada PT Taspen dan TNI AD yang telah menunjukkan kepeduliannya pada dunia pendidikan anak-anak suku Mausu Ane. Harapannya sekolah ini dapat mencetak generasi bangsa yang bermanfaat kedepannya.

"Ini bentuk perhatian TNI AD dan PT Taspen yang sangat luar biasa. Anak-anak kita di Negeri Maneo sudah bisa bersekolah. Kami sangat berterima kasih atas semua ini," tandasnya.

Penulis: Husen Toisuta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!