Sekilas Info

Universitas Muhammadiyah Maluku Diharapkan Melahirkan SDM Berkualitas di Bidang Kemaritiman

Gubernur Maluku Murad Ismail didampingi pimpinan Muhammadiyah Maluku meluncurkan pengoperasian Universitas Muhammadiyah Maluku (UNIMMA) di Ambon, Maluku, Kamis (21/1). (FOTO: HO/Humas Pemprov Maluku)

satumalukuID - Gubernur Maluku Murad Ismail berharap kehadiran Universitas Muhammadiyah Maluku (UNIMMA) dapat menjadi sebuah perguruan tinggi yang mampu melahirkan sumber daya manusia (SDM) berkualitas dan handal khususnya di bidang kemaritiman.

"Saya berharap UNIMMA dapat bergandengan tangan dengan perguruan tinggi lainnya di Maluku, untuk melahirkan SDM berkualitas di bidang kemaritiman yang menjadi kekayaan utama daerah ini," kata Gubernur Murad saat peluncuran operasional kampus UNIMMA, di Ambon, Kamis (22/1/2020).

Kehadiran perguruan tinggi yang dibentuk Pengurus Pusat Muhammadiyah tersebut, menurutnya, harus memberikan penguatan kepada perguruan tinggi lainnya di Maluku, sehingga SDM yang dihasilkan dapat semakin berkualitas dan handal dalam menjawab tuntutan pembangunan di masa mendatang.

"Kehadiran UNIMMA akan berdampak pendidikan di Maluku akan lebih berkualitas, karena masing-masing universitas akan membangun model mutunya sendiri, sebagai keunggulan yang mencirikan perguruan tinggi dimaksud, sehingga terjadi kompetisi yang sehat dalam melahirkan SDM Maluku berkualitas dan berdaya saing," katanya.

Melalui pembangunan SDM berkualitas, maka daerah bisa menjawab tantangan pembangunan berbasis masyarakat kepulauan, mendorong konektivitas antarpulau, mengurangi angka kemiskinan, meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan mengangkat derajat kesejahteraan rakyat Maluku secara signifikan dari waktu ke waktu.

"Dengan pendidikan yang berkualitas, kita dapat menyediakan SDM bermutu yang mampu memberi kontribusi bagi pembangunan, peradaban dan masa depan Maluku lebih baik," ujarnya.

Gubernur juga menyampaikan komitmen Pemerintah Provinsi Maluku dibawah kepemimpinannya bersama Wakil Gubernur Barnabas Orno yang menempatkan sektor pendidikan sebagai salah satu prioritas utama termasuk pendidikan tinggi.

"Meskipun pengelolaan perguruan tinggi merupakan kewenangan pemerintah pusat, namun saya berkomitmen Pemprov akan terus memberikan dukungan dan perhatian terhadap pengembangan pendidikan tinggi di Maluku sesuai kapasitas dan kemampuan anggaran yang tersedia," ujarnya.

Dia mengajak seluruh pimpinan perguruan tinggi di Maluku untuk meningkatkan komunikasi, koordinasi dan kolaborasi sebagai mitra strategis pemerintah daerah sehingga mutu pendidikan di daerah ini semakin meningkat dan mampu sejajar dengan provinsi lainnya di Indonesia.

Peresmian operasional kampus UNIMMA di Wara, Air Kuning Kota Ambon, dilakukan Gubernur Murad bersama Pimpinan Muhammadyah Maluku Abd. Haji Latua, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah XII Ambon Muhammad Bugis dan disaksikan secara virtual oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir.

Penulis: Jimmy Ayal/Ant
Editor:Redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!