Sekilas Info

Komjen Sigit Kapolri Baru, Bintang Terang Lulusan Akpol 1991, Ada Nama Irjen Marthinus Hukom

Irjen Pol Marthinus Hukom (tengah) berfoto bersama mantan Kapolda Maluku Irjen Pol Baharudin Djafar dan Kapolda Maluku saat ini Irjen Pol Refdi Andri, tahun 2020 lalu.

satumalukuID – Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo tinggal menunggu waktu pelantikan sebagai Kapolri baru oleh Presiden Joko Widodo. Jenderal kelahiran Kota Ambon ini telah lolos proses fit and proper test di DPR.

Terpilihnya Komjen Sigit mengulang Kembali proses lompatan generasi di pucuk pimpinan Polri, sebagaimana dilakoni Jenderal (pur) Tito Karnavian yang saat ini menjabat Menteri Dalam Negeri.

Komjen Sigit diketahu merupakan lulusan Akademi Polisi (Akpol) Tahun 1991. Sementara di tubuh Polri saat ini, masih bertebaran sejumlah jenderal dari angkatan di atas Komjen Sigit.

Contoh paling nyata di Maluku adalah Kapolda dan Waka Polda Maluku. Seperti diketahui Kapolda Maluku Irjen Pol Rafli Andri adalah lulusan Akpol tahun 1987. Sedangkan Waka Polda Brigjen Pol Jan de Fretes adalah lulusan Akpol tahun 1988.

Naiknya Komjen Sigit sebagai Kapolri, mau tidak mau dikaitkan dengan para lulusan Akpol 1991. Lantas siapa saja jenderal seangkatan dengan Komjen Listyo Sigit? Sedikitnya ada 10 jenderal Akpol 1991 yang saat ini memegang posisi komando di tubuh Polri. Dan yang menarik salah satunya adalah perwira polisi asal Maluku yakni Irjen Pol Marthinus Hukom.

Selain Irjen Pol Marthinus Hukom, lulusan Akpol 1991 yang sudah berpangkat jenderal dan menempati sejumlah posisi strategis di Polri adalah Irjen Pol Raden Prabowo Argo Yuwono yang saat ini menjabat Kadiv Humas Polri, Irjen Pol M Fadil Imran (Kapolda Metro Jaya), Irjen Pol Wahyu Widada (Kapolda Aceh), dan Irjen Pol M Iqbal (Kapolda NTB).

Selain itu ada juga Irjen Pol Wahyu Widada Irjen Pol Merdisyam (Kapolda Sulawesi Selatan), Brigjen Pol Andi Rian Djajadi (Dirtipidum Bareskrim Polri), Brijen Pol Syahar Diantono (Dirtipter Bareskrim Polri, dan Brigjen Pol Krishna Murti (Karomisinter Div Hubinter Polri.

Mengenai Irjen Pol Marthinus Hukom sendiri, saat ini dia menjabat sebagai Kepala Detasemen Khusus (Densus) 88 Polri. Dia menduduki posisi tersebut setalah ada telegram Kapolri Jenderal Pol Idham Azis bernomor ST/1377/V/KEP/2020 yang terbit pada Jumat (1/5/2020).

Saat diangkat sebagai Kepala Densus 88 Polri, pangkat Marthinus Hukom adalah Brigjen Pol. Karena posisi barunya ini, dia kemudian dinaikkan pangkat menjadi Irjen Pol dan menjalani upacara kenaikan pangkat menjadi Irjen pada Rabu (20/5/2020).

Marthinus Hukom dikenal sebagai jenderal polisi berasal dari Maluku. Dia lahir di Negeri Ameth Nusalaut pada 31 Januari 1969. Pendidikan sekolah menengah diselesaikan di SMA Negeri 3 Ambon dan lulus pada tahun 1987.

Sempat melanjutkan kuliah di Fakultas Pertanian Universitas Pattimura pada tahun 1987, Marthinus Hukom kemudian memutuskan masuk Akademi Kepolisian dan selanjutnya berkarir sebagai perwira polisi.

Selama berdinas di polisi, Marthinus Hukom menghabiskan banyak waktu di reserse dan tugas-tugas penanganan kasus terorisme. Dia bahkan sempat menduduki jabatan Wakil Kepala Densus 88.

Penulis: Petra Josua
Editor:Redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!