Sekilas Info

Bing Leiwakabessy, Maestro Musik Hawaian Itu Telah Tiada di Usia 97 Tahun

Presiden Jokowi, Alm Bing Leiwakabessy dan Ridho Slank,

satumalukuID - Maestro musik hawaian Indonesia asal Maluku, Johannis Leiwakabessy atau lebih populer dengan nama Bing Leiwakabessy telah meninggal dunia karena sakit di Ambon.

Almarhum meninggal dunia di rumahnya kawasan Lateri, kecamatan Baguala, pada Kamis (21/01/2020) sekitar pukul 14.00 WIT.

Om atau Opa Bing begitu ia disapa lahir pada 10 February 1923. Artinya beliau wafat pada usia 97 tahun 11 bulan.

"Iya benar. Papa meninggal karena sakit dan sudah berusia sepuh di rumah. Papa menghembuskan nafas terakhir sekitar pukul 14.00 WIT,. Belakangan ini memang kondisi kesehatannya menurun," ungkap anaknya yang juga musisi, Harry Leiwakabessy kepada satumaluku.id melalui saluran telepon, Kamis sore (21/01/2020).

Baca Juga: Ridho Slank Rilis Album Legacy untuk Maluku, Digarap Bersama Maestro Musik Bing Leiwakabessy

Harry mengatakan, selain eksis terus puluhan tahun di musik hawaian. Ayahnya juga menciptakan beberapa lagu daerah Ambon-Maluku yang melegenda sampai kini.

Empat lagu diantaranya yang dia ingat yaitu berjudul Hasil Maluku, Beta Masih Bujang, Angin Barat dan Tidurlah Anakku. "Empat lagu itu yang beta ingat," ujarnya.

Sementara itu, anak bungsu Opa Bing yakni Cliff Leiwakabessy yang dihubungi juga, menjelaskan bahwa ayahnya bercerita sudah main musik sejak berusia 10 tahun atau sejak tahun 1933.

"Papa cerita sejak kecil sudah berlatih musik. Seingatnya saat umur 10 tahun di tahun 1933. Itu papa belajar dan menekuni musik terus sampai kondisinya menurun di usia 97 tahun," tutur Cliff yang juga pemusik.

Bing Leiwakabessy

Ia menginformasikan, ibadah pemakaman ayahnya akan dilaksanakan pada hari Jumat (22/01) pukul 14.00 WIT di rumah duka kawasan Lateri dan selanjutnya dimakamkan di pekuburan Kebun Cengkeh.

Darah seniman musik dari Opa Bing selain turun pada Harry dan Cliff. Juga pada dua anak lainnya namun keduanya telah almarhum yaitu pencipta lagu pop kreatif dan jazz nasional, Georgie Leiwakabessy yang dikenal sebagai pencipta lagu Enggo Lari, Rame Rame, Mungkinkah Terjadi, Untuk Apa Lagi dan lainnya serta Paula Leiwakabessy.

Sebelum jatuh sakit. Opa Bing masih sempat berkolaborasi dengan beberapa penyanyi/musisi top seperti almarhum Glen Fredly serta terkini bikin album instrumen kolaborasi musik hawaian bersama gitaris grup band Slank, Rido Hafids yang bertitel "Legacy".

Sebelumnya juga. Rido Slank pernah tampil dengan Opa Bing disaksikan Presiden Joko Widodo.

Akhirnya. Selamat jalan Om/Opa Bing, sang legenda, maestro musik hawaian. Pengabdian, dedikasi dan eksistensimu di dunia musik akan dikenang selalu. Tuhan menyertaimu. Beristirahatlah dengan tenang dalam kedamaian abadi. (novi pinontoan)

Baca Juga

error: Content is protected !!