Sekilas Info

LAWAN COVID-19

Ibu 57 Tahun Pasien Pertama Covid-19 di Aru Meninggal Dunia

satumalukuID/Istimewa Jenazah korban Covid-19 saat keluar dari RSUD Cendrawasih, hendak menuju TPU di Dobo, Kepulauan Aru, Senin (18/1/2021).

satumalukuID- Kabar duka untuk pertama kalinya mewarnai proses penanganan Covid-19 di Kabupaten Kepulauan Aru, Maluku. RN, pasien RSUD Cendrawasih, Dobo, dinyatakan meninggal dunia akibat terpapar Covid-19, Minggu (17/1/2021).

Ibu 57 tahun ini dirawat sejak Jumat (15/1/2021). Ini setelah mengalami keluhan mual dan muntah-muntah, sesak napas, maupun gangguan nafsu makan. Hasil test cepat molekuler (TCM) menunjukan almarhumah positif terkonfirmasi Covid-19.

Sejak dirawat kurang lebih 3 hari di ruang isolasi RSUD Cendrawasih, RN menghembuskan nafas terkahir pada Minggu kemarin pukul 14.00 WIT.

Jenazah almarhumah baru dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) di Dobo, Ibukota Kabupaten Kepulauan Aru, Senin (18/1/2021) sekira pukul 11.30 WIT.

Proses pemakaman Covid untuk pertama kalinya di Aru tersebut dilakukan sesuai standar protokol kesehatan. Pemakaman juga dikawal aparat Polres Kepulauan Aru.

Kepala Sekretariat Tim Gugus Covid-19, Kepulauan Aru, Fredrik Hendrik, membenarkan adanya korban meninggal karena terpapar Covid-19 di RSUD Cendrawasih Dobo.

“Saat pasien meninggal, Direktur (RSUD Cendrawasih) menghubungi Saya untuk mengurus peti jenazah. Saya tanya apakah peti jenazah Covid-19, Direktur mengiyakan. Jadi pasien meninggal itu terkonfirmasi Covid-19, namun sebelumnya ada penyakit bawaan,” ungkapnya.

Menyinggung lamanya jenazah berada di RSUD dan belum dimakamkan, Hendrik mengakui adanya keterlambatan dari pembuatan peti jenazah.

“Harusnya enam jam sudah dilakukan pemakaman, tetapi dilakukan persiapan seluruh kelengkapan sesuai protokol kesehatan seperti peti jenazah dan lainnya, sehingga pemakaman jenazah agak terlambat,” terangnya.

Ia juga menyebutkan, saat ini di Dobo juga belum adanya ketersediaan lahan khusus untuk pemakaman jenazah Covid-19. Namun pemakaman tetap dilakukan di TPU dengan memilih lokasi yang agak jauh di Kilo Meter 7, Desa Durjela Kecamatan Pulau-pulau Aru.

Penulis: Husen Toisuta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!