Sekilas Info

LAWAN COVID-19

179 Nakes di Kota Ambon Berhasil Divaksin Korona, Ratusan Lain Gagal

satumalukuID/Husen Toisuta Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy.

satumalukuID- Ratusan orang tenaga kesehatan (Nakes) di Kota Ambon berhasil menjalani vaksinasi korona (Covid-19) tahap pertama. Tapi sebagian lainnya gagal divaksin karena komorbid dan tekanan darah atau darah tinggi.

Hingga Senin (18/1/2021), hari ini, terdapat 320 orang nakes yang terdaftar akan mengikuti vaksin Sinovac. Namun, hanya sebanyak 179 orang yang berhasil divaksin. Sedangkan 141 sisanya gagal karena terdeteksi memilik penyakit bawaan (komorbid), dan darah tinggi.

"Ada yang tidak memenuhi syarat karena darah, penyakit bawaan dan sebagainya," ungkap Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy kepada wartawan di Ambon.

Menyoal Kepala-kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintahan Kota Ambon, yang rencananya akan menjalani vaksinasi tahap pertama ini, Richard mengaku tetap dilaksanakan. Saat ini mereka sedang menunggu pemberitahuan vaksin melalui SMS.

"Itu nanti. Itu berdasarakan SMS Blits. Kalau mereka sudah mendapat SMS itu maka otomatis mereka silahkan lapor (untuk divaksin)," terangnya.

Menurutnya, vaksinasi tahap pertama terhadap para nakes akan berlangsung hingga April 2021 mendatang. Seluruh nakes sudah terdaftar untuk divaksin.

"Tinggal masing-masing mendapat SMS blits. Kalau tidak memenuhi syarat tinggal diikutkan ke yang berikutnya, itu pasti," tandasnya.

Penulis: Husen Toisuta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!