Sekilas Info

Kapal Feri KMP Lobster Kini Layani Lintas Dobo – Serwatu Dua Kali Seminggu

KPM Lobster

satumalukuID - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mengoperasikan KMP Lobster yang melayani lintas Dobo-Serwatu di Kabupaten Kepulauan Aru, Maluku, sejauh 48 mil dengan perjalanan dua kali setiap minggu sebagai bagian dari ekspansi d Indonesia wilayah timur.

Dalam peresmian pelayaran perdana KMP Lobster dari Pelabuhan Dobo menuju Pelabuhan Serwatu pada Rabu (13/1/2021) pekan lalu, turut hadir Wakil Bupati Kepulauan Aru Muin Sogalrey, GM PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Tual Agus Djoko Triyanto, Kapolres, Danlanal, Kajari, Wakil Ketua DPRD dan para kepala dinas, serta Jasa Raharja Kepulauan Aru.

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin dalam keterangannya di Jakarta, Minggu (17/1/2021), menuturkan ASDP siap melayani masyarakat Kepulauan Aru khususnya warga Kecamatan Aru Selatan melalui hadirnya KMP Lobster yang dioperasikan ASDP Cabang Tual.

"Kami harap kehadiran ASDP dapat memberi manfaat, dengan beroperasinya KMP Lobster di lintas Dobo-Serwatu ini akan memudahkan akses transportasi dalam mendukung mobilitas masyarakat, serta memperkuat sektor logistik karena pendistribusian barang terutama bahan pokok kini semakin cepat dan mudah," tuturny

Pada acara yang sama, masyarakat dari 15 desa di Kecamatan Aru Selatan menyampaikan apresiasi atas kehadiran KMP Lobster.

Selama ini mobilitas masyarakat di Aru Selatan menggunakan kapal kecil dengan waktu tempuh yang relatif lama. KMP Lobster berukuran 628 GRT memiliki kapasitas angkut 200 orang penumpang dan 19 unit kendaraan campuran.

Untuk lintas Dobo-Serwatu dengan jarak 48 mil, waktu tempuh KMP Lobster sekitar enam jam per trip. Kapal ini dilayani dengan total sekitar 19 orang anak buah kapal (ABK).

Dalam sepekan, KMP Lobster melayani lintas Dobo-Serwatu sebanyak dua kali dalam seminggu, hari Rabu dan Sabtu dengan waktu keberangkatan dari Dobo pukul 08.00 WIT lalu tiba di Serwatu pukul 14.00 WIT. Selanjutnya, kapal akan berangkat kembali dari Serwatu pukul 16.00 WIT dan akan tiba kembali di Dobo pada pukul 22.00 WIT.

"Komoditas yang diangkut dari Dobo ke Kecamatan Aru Selatan adalah barang kebutuhan rumah tangga/kelontongan. Sebaliknya, barang yang dibawa dari kecamatan Aru Selatan ke Dobo ialah hasil laut berupa ikan dan kepiting," tutur Shelvy.

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) akan terus mendukung layanan angkutan penyeberangan perintis untuk menghubungkan daerah satu dengan lainnya guna meningkatkan pengembangan di wilayah tersebut, termasuk di Kepulauan Aru.

Angkutan penyeberangan perintis menjadi salah satu moda transportasi yang sangat dibutuhkan masyarakat apalagi Indonesia berbentuk kepulauan, dan layanan angkutan perintis ini menjadi jalan pembuka terisolasinya suatu daerah untuk menghubungkan daerah satu dengan lain untuk meningkatkan perkembangan wilayah.

"Kita tahu, selama ini kehadiran ASDP bagi masyarakat yang berada di pulau terluar dan terdepan sangat besar kemanfaatannya. Tentunya, ASDP sebagai agen pembangunan juga berharap dapat berkontribusi lebih maksimal lagi, memberikan layanan keperintisan yang andal dan memadai. Kita ingin agar kehadiran ASDP benar-benar dapat dirasakan oleh masyarakat Indonesia," tuturnya.

Baca Juga

error: Content is protected !!