Sekilas Info

Jurusan Kehutanan Unpatti Ambon Lakukan Kajian Pengelolaan Hutan Pulau-Pulau Kecil di Maluku

Kegiatan peluncuran program kerja tahun 2021 Jurusan kehutanan fakultas pertanian Universitas Pattimura Ambon, Minggu (17/1/2021).

satumalukuID - Jurusan kehutanan Fakultas Pertanian Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon melakukan kajian pengelolaan hutan pulau- pulau kecil di provinsi Maluku.

Ketua jurusan kehutanan fakultas pertanian Unpatti Ambon,  Marthina Tjoa saat peluncuran tahun kerja 2021, di Ambon, Minggu (17/1/2021),  menyatakan, pihaknya sementara melakukan kajian melalui penelitian pengelolaan hutan pulau-pulau kecil sesuai karakteristik wilayah Maluku.

"Penelitian tersebut terkait akses masyarakat untuk manfaatkan hasil hutan, diharapkan dapat ditemukan model pengelolaan hutan pulau-pulau kecil di Maluku yang tentu berbeda dengan hutan di pulau Jawa, Kalimantan atau Sumatera, " ujarnya.

Ia menyatakan, program perencanaan kurikulum jurusan Kehutanan dilakukan sesuai  tri dharma perguruan tinggi yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan serta pengabdian kepada masyarakat, yang disusun dalam rencana strategis hingga 2035.

Perencanaan dilakukan sesuai kondisi yang ada terkait penyesuaian kurikulum pendidikan baru yang telah dibakukan berlaku secara nasional hingga ke tingkat universitas.

Bidang penelitian pihaknya terus melakukan pengembangan untuk menangani persoalan hutan dan kehutanan.

Sedangkan bidang pengabdian masyarakat diarahkan pada kegiatan masyarakat pemahaman hutan dan pelestarian, sehingga masyarakat merasa bertanggung jawab untuk menjaga dan melestarikan hutan.

Marthina  mengakui, upaya inovasi terkait pemanfaatan dan pemasaran hasil hutan, diciptakan melalui penelitian kepada masyarakat, dengan harapan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat inovasi.

Selain itu pihaknya juga akan memberikan pelatihan yang dapat meningkatkan pendapatan kesejahteraan masyarakat, misalnya melalui pemanfaatan hasil hutan berupa kayu, juga upaya pemasaran.

Ia mengemukakan,  upaya terpenting juga bagaimana membangun kerja sama lintas sektor dalam lingkup kehutanan seperti pemerintah daerah maupun pusat.

"Kebijakan tri dharma perguruan tinggi diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi daerah maupun nasional. Prinsipnya kita akan terus bergerak dengan dukungan semua stakeholder untuk membangun kehutanan di Maluku, " tandas Marthina.

Baca Juga

error: Content is protected !!