Sekilas Info

Cipayung Ambon Beri Dukungan Penuh Pelaksanaan MTQ Provinsi Maluku ke-29 di Tanimbar

satumalukuID- Kelompok Cipayung Plus Cabang Ambon, mendukung pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Provinsi Maluku ke-29. Kegiatan religi Islami ini rencananya digelar di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, pada Juni 2021 mendatang.

Organisasi kemahasiswaan yang terdiri dari HMI, PMKRI, PMII, KAMMI, GMNI, dan IMM ini, juga memberikan dukungan penuh kepada Pemerintah Kabupaten Kepulauan Tanimbar, selaku tuan rumah.

"Saya secara organisatoris mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Tanimbar karena sudah bersedia untuk menjadi tuan rumah MTQ ke-29," kata Ketua Presidium Perhimpunan Mahasiswa Katolik Repoblik Indonesia (PMKRI) Cabang Ambon, Urbanus  Metintomwat kepada wartawan, di Ambon, Sabtu (16/1/2021).

Metintomwat berharap kegiatan religi Islami setiap dua tahunan tersebut, sukses diselenggarakan di Tanimbar yang mayoritas penduduknya beragama Kristen Protestan dan Katolik.

"Kita tahu bersama di Tanimbar itu Protestan 46 persen, Katolik 45 persen, Muslim 5 persen dan lain-lain. Untuk itu kami sangat apresiasi kepada pak bupati serta Pemerintah Tanimbar dan masyarakat yang sudah boleh menyiapkan ruang dan waktu untuk mensukseskan MTQ ke 29," salutnya.

Pihaknya, lanjut Metintomwat, berharap adanya koordinasi yang intensif antara pemerintah kabupaten dan orovinsi serta Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) agar segera melakukan persiapan dan sosialisisasi.

"Karena sampai saat ini gaung pelaksanaan MTQ di Tanimbar belum terdengar," harapnya.

Senada, Sekretaris Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Alberthus Y.R Pormes, mengaku, Cipayung Plus sangat memberikan dukungan penuh kepada Pemerintah Kabupaten Kepulauan Tanimbar, agar pelaksanaan MTQ ke 29 berjalan maksimal dan sukses.

"Walupun dalam masa pandemi seperti ini, tapi sebagai negara yang majemuk, sebagai orang Maluku yang penuh dengan toleransi, kami kira kita patut dukung secara bersama," pintanya.

Di sisi lain, Pormes juga meminta agar kerjasama mulai saat ini sudah dibangun oleh Pemerintah Kabupaten dan Provinsi, sehingga kegiatan keagamaan tersebut dapat berjalan dengan sukses.

"Kami mendorong Pemerintah Provinsi dan DPRD Maluku untuk memberikan dukungan penuh baik itu politik anggaran atau kebijakan lainnya demi suksesnya kegiatan tersebut," harap Pormes yang juga didampingi Ketua IMM Arjun Bola, Ketua HMI Burhanudin Rumbouw, Ketua KAMMI Daerah Ahmad Firdaus dan Perwakilan PMII Adi Toisutta.

Foto: Cipayung Plus, dari kanan: Ketua HMI Burhanudin Rumbouw, Ketua IMM Arjun Bola, Ketua Presidium PMKRI, Urbanus  Metintomwat, Sekretaris GMNI Alberthus Y.R Pormes, Ketua KAMMI Daerah Ahmad Firdaus dan Perwakilan PMII Adi Toisutta. (satumalukuID/Husen Toisuta)

Penulis: Husen Toisuta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!