Sekilas Info

22 Puskesmas di Kota Ambon Mulai Layani Vaksinasi Corona Bagi Tenaga Kesehatan

ANTARA/Dokumen Layanan vaksinasi bagi tenaga kesehatan di puskesmas Air Besar kecamatan Sirimau kota Ambon, Jumat (15/1/2021).

satumalukuID - Sebanyak 22 Puskesmas di kota Ambon mulai melayani vaksinasi Corona (Covid-19) bagi tenaga kesehatan. Setiap harinya 19 puskesmas kegiatan vaksinisasi akan melayani dua sesi vaksinasi pada pukul 10.00 -11.00 WIT dilanjutkan pukul 13.00-14.00 WIT. Sedangkan tiga puskesmas lainnya akan melayani tiga sesi vaksinasi yakni puskesmas Passo, Lateri dan Halong, sementara untuk rumah sakit akan diatur sesuai kebijakan RS.

"Sejak pagi puskesmas mulai melayani vaksinasi bagi tenaga kesehatan, sistemnya sesuai petunjuk Kemenkes, " kata Kepala Dinas Kesehatan kota Ambon, Wendy Pelupessy di Ambon, Jumat (15/1/2021).

Jumlah sumber daya manusia bidang kesehatan di Kota Ambon 4.053 orang terdiri dari 3.762 tenaga kesehatan dan sisanya tenaga yang membantu di fasilitas layanan kesehatan di kota Ambon menjadi sasaran awal yang akan menerima vaksin tahap pertama.

"Seluruh sdm kesehatan yang telah terdata dipastikan akan menjalani vaksinasi, yang akan dilaksanakan di 29 fasyankes yakni 22 puskesmas, enam rumah sakit dan satu kantor kesehatan pelabuhan, " timpalnya.

Kepala Puskesmas Air Besar dokter Eka menyatakan, hari ini pihaknya melayani 14 orang tenaga kesehatan yang terdaftar sesuai barcode.

14 orang nakes tersebut terdiri dari 13 dari puskesmas Air Besar dan satu petugas di Dinkes Ambon.

"Jumlah SDM nakes di puskesmas air besar 33 orang tetapi yang menjalani vaksinasi hanya 12 orang, karena sembilan diantaranya pernah terkonfirmasi positif Covid -19 dan sebagian memiliki komorbid atau penyakit penyerta, " katanya.

Puskesmas Air Besar hanya melayani satu sesi vaksinasi yakni pukul 10.00- 11.00 WIT.

Nakes yang telah mendapat pemberitahuan untuk vaksinasi wajib terhubung pada aplikasi Primary Care (P-Care) untuk pelayanan vaksinasi Covid-19.

"Kita telah menerima 27 vial vaksin, setelah dilakukan untuk nakes kita, dilanjutkan dengan klinik Al Aqso sebanyak 12 orang yang akan divaksin, " tandasnya.

Baca Juga

error: Content is protected !!