Sekilas Info

RSUP Leimena Dijatahi 368 Vial, Distribusi Vaksin Corona di Kota Ambon Dilakukan Dua Tahap

Foto: Penina F Mayaut/ant ekretaris Daerah Kota Ambon Anthony Gustaf Latuheru menyerahkan dokumen stok vaskin sebanyak 368 vial vaksin kepada direktur RSUP dr Leimena Celestinus Eigya Munthe, Kamis (14/1/2021).

satumalukuID - Dinas Kesehatan (Dinkes) Ambon mulai mendistribusikan vaksin Covid-19 kepada 29 fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) untuk pelaksanaan program vaksinasi virus corona jenis baru tersebut di daerah setempat.

"Hari ini kita mulai distribusikan vaksin yang dimulai dari RSUP dr Leimena sebanyak 368 vial vaksin, sekaligus menjadi lokasi penyuntikan pertama di Maluku, " kata Sekrertaris Daerah Kota Ambon Anthony Gustaf Latuheru di Ambon, Kamis (14/1/2020).

Ia mengatakan 29 fasyankes itu terdiri atas 22 puskesmas, enam rumah sakit, dan satu Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP).

Distribusi ini akan dilakukan dalam dua tahapan yakni pertama ke RSUP Leimena, Puskesmas Passo, KKP, Puskesmas Tawiri, RS Siloam, dan lainnya.

Tahap kedua di antaranya ke Puskesmas Belakang Soya, Rijali, Tiahahu, Kayu Putih, Kilang, RS Latumeten, RS Al Fatah dan lainnya.

"Proses distribusi vaksin diharapkan rampung hari ini ke seluruh fasyankes agar proses penyuntikan vaksin dapat dimulai besok Jumat (15/1), " ujarnya.

Tahapan vaksinasi akan dimulai dari pejabat di tingkat Provinsi Maluku bersama forkopimda yang dilaksanakan di RSUP dr Leimena, sedangkan vaksinasi untuk SDM kesehatan Kota Ambon sebanyak 4.053 orang akan dilakukan di 22 puskesmas yang akan dilayani setiap hari.

Puskesmas yang akan melayani vaksinasi mengatur pola kegiatan itu mengingat puskesmas tiap hari juga melayani pasien.

Setiap hari, 19 puskesmas tempat vaskinasi akan melayani dua sesi vaksinasi, pada pukul 10.00-1.00 WIT dilanjutkan pukul 13.00-14.00 WIT. Sebanyak tiga puskesmas lainnya akan melayani tiga sesi vaksinasi, yakni Puskesmas Passo, Lateri, dan Halong, sedangkan untuk rumah sakit akan diatur sesuai kebijakan pengelola RS.

Baca Juga

error: Content is protected !!