Sekilas Info

Pemkot Ambon Siapkan 110 Juru Imunisasi Vaksin Corona di 22 Puskesmas

satumalukuID - Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon menyiapkan 110 juru imunisasi untuk melaksanakan program Vaksinasi Corona (Covid-19). Mereka tersebar di 22 puskesmas, di mana setiap puskesmas terdapat lima jurim (juru imunisasi).

"110 tenaga vaksinator akan bertugas di 22 puskesmas, jumlah tersebut belum ditambah 10 orang tenaga di setiap rumah sakit rujukan, " kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon Wendy Pelupessy di Ambon, Kamis (14/1/2021)

Ia menjelaskan para jurim telah diberikan pembekalan terkait tata cara Vaksinasi Corona melalui pelatihan yang digelar secara daring oleh Kementerian Kesehatan.

Sebanyak 4.053 sumber daya manusia (SDM) kesehatan yang terdiri atas 3.762 tenaga kesehatan dan sisanya tenaga yang membantu di fasilitas layanan kesehatan di Kota Ambon menjadi sasaran vaksinasi pada tahap pertama.

"Seluruh SDM kesehatan yang telah terdata dipastikan akan menjalani vaksinasi, " ujar Wendy.

Baca Juga: RSUP Leimena Dijatahi 368 Vial, Distribusi Vaksin Corona di Kota Ambon Dilakukan Dua Tahap

Sebanyak 29 fasyankes (fasilitas pelayanan kesehatan) akan melayani vaksinasi, terdiri atas 22 puskesmas, enam rumah sakit, dan satu Kantor Kesehatan Pelabuhan.

Puskesmas yang akan melayani vaksinasi mengatur pola kerja mengingat puskesmas tetap melayani pasien rutin setiap hari.

Setiap hari, 19 puskesmas vaksinasi akan melayani dua sesi vaksinasi pada pukul 10.00 -11.00 WIT dilanjutkan pukul 13.00-14.00 WIT.

Sebanyak tiga puskesmas lainnya akan melayani tiga sesi vaksinasi, yakni Puskesmas Passo, Lateri, dan Halong, sedangkan untuk rumah sakit akan diatur sesuai kebijakan pengelola RS.

Baca Juga

error: Content is protected !!