Sekilas Info

SEPAK BOLA

Belasan Mantan Pemain Timnas dan Liga Asal Maluku akan Pulang Kampung Beri Coaching Clinic

Sebagian dari mantan pemain timnas dan Liga Indonesia yang tergabung dalam grup Putra Maluku ((PUMA). -dok-

satumalukuID - Sedikitnya belasan mantan pemain sepakbola yang pernah memperkuat tim nasional (timnas) PSSI dan klub-klub Liga Indonesia, merencanakan akan pulang kampung (Pulkam) sambil bertanding eksebisi dan coaching clinic pada 21-26 Januari 2021 di Masohi, Tulehu dan Ambon.

Hal tersebut disampaikan salah satu mantan pemain timnas Indonesia dan legenda Persebaya yang tergabung dalam grup PUMA (Putra Maluku), Reinold "Koko" Pietersz kepada satumaluku.id melalui pesan whatsapp, Rabu (13/01/2021).

Menurut Reinold, bersama rekan-rekannya mereka berinisiatif berkunjung ke kampung halaman untuk membagi ilmu dan pengalaman sepakbola berupa coaching clinic kepada pemain usia dini atau muda, serta bermain eksebisi dengan mantan-mantan pemain di Masohi, Liang, Tulehu dan Kota Ambon. Tentunya juga untuk silaturahmi dengan keluarga dan para sahabat.

Namun, lanjutnya, tujuan tulus mereka pulkam bersama yaitu untuk memotivasi bangkitnya kembali persepakbolaan Ambon dan Maluku umumnya dan berharap muncul talenta-talenta muda yang bersinar serta semoga ada tim atau klub yang masuk ke level kompetisi Liga Indonesia.

"Tujuan kami membagi pengalaman dan ilmu sepakbola. Serta memotivasi untuk persepakbolaan daerah ini kembali bergairah dan bangkit lagi. Sudah sekitar 20 tahun lebih tim sepakbola Ambon dan Maluku tidak muncul di pentas nasional," ungkap Reinold yang mantan skuat PSA Yunior serta turut dengan Khairil Anwar Ohorela bawa tim Jatim juara PON 1996 dan Persebaya juara Liga Indonesia 1997.

Mantan pemain PS Pusparagam Ambon ini menambahkan, pihaknya sangat berharap Pemkot Ambon dan Pemprov Maluku dapat memanfaatkan kedatangan mantan pemain yang tergabung dalam grup PUMA tersebut untuk menggairahkan kembali sepakbola lokal yang pernah disegani di level nasional.

"Kami sadari kondisi pandemik Covid 19. Protokol kesehatan tetap harus dijalankan. Namun bukan berarti semua aktifitas harus terhenti. Untuk itu kami memilih kunjungan ke negeri asal selain berbagi ilmu dan pengalaman, juga silaturahmi dengan keluarga dan memotivasi generasi usia dini dan muda," tuturnya.

Reinold mengatakan, para mantan pemain timnas dan Liga Indonesia yang sudah bersedia pulkam selain dirinya yaitu Yessy Mustamu, Ferrel Raymond Hattu, Yongky Kastanya, Khairil Anwar Ohorella, Aries Sainyakit, Jusuf Mony, Maruf Pattimura, Nus Yadera, Imran Lestaluhu, Maura Helly, Edo Mangilomi, Saleh Tuharea, Azaria Betekeneng, Naldo Patty, Irvan Maulana, Suaib Al Rosyid, Samsul P, Riva Hatumena, Stevano, Jimmy dan lainnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Maluku, Sandy Wattimena ST secara terpisah mengatakan, pihaknya menyambut baik inisiatif para mantan pemain asal Maluku tersebut.

"Yang penting tujuan mulia dan tulus. Kami sambut baik niat kedatangan mereka. Nanti setelah pak Gubernur kembali dari tugas di luar daerah, saya akan melaporkan maksud dan tujuan grup PUMA. Sekaligus untuk keinginan mereka bersilaturahmi," ujar Sandi. (novi pinontoan)

Baca Juga

error: Content is protected !!