Sekilas Info

LAWAN COVID-19

RSUP Leimena Ambon Jadi Pusat Vaksinasi Covid-19 Serentak di Maluku

satumalukuID/Husen Toisuta Juru bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Maluku, dr. Adonia Rerung.

satumalukuID- Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) dr. Leimena di Kota Ambon, akan menjadi lokasi terpusat proses vaksinasi Covid-19 secara serentak di Provinsi Maluku, Jumat (15/1/2021) mendatang.

Juru bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Maluku, dr. Adonia Rerung, mengatakan, vaksinasi secara serentak akan berlangsung pukul 09.00 WIT di RSUP Ambon. Sejam kemudian, baru dilakukan serentak di seluruh tempat vaksinasi yang ada di 11 kabupaten/kota.

"Tanggal 15 Januari dimulai dari RSUP Leimena pukul 09.00 WIT sampai selesai. Peserta yang akan divaksin kurang lebih 40 orang," kata Rerung.

Dalam proses vaksinasi nanti, terdapat tiga kelompok yang akan dihadirkan. Di antaranya pemerintahan atau pejabat publik, kemudian dari asosiasi kesehatan dan pemuka agama.

Untuk Kota Ambon sendiri, terdapat 4.053 tenaga kesehatan. Tapi, yang akan divaksinasi hanya sekitar 53,8 persen.

"Yang jelas Kota Ambon sudah sangat siap. Semua langkah-langkah sudah dilakukan, baik cold boxnya, kesiapan vaksinatornya, kemudian mobilnya sudah siapkan semua," tambah dia.

Menurut Rerung, terdapat 29 fasilitas kesehatan (Faskes) yang disiapkan sebagai tempat vaksinasi.

"Khusus Dinas Kota Ambon ada 29 faskes yang melakukan vaksinasi, 6 rumah sakit, 25 puskesmas dan klinik KKP," tandasnya.

Penulis: Husen Toisuta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!