Sekilas Info

Longboat Berawak Empat Orang Nelayan di Maluku Tenggara Selamat dari Maut

satumalukuID- Empat orang nelayan di Kabupaten Maluku Tenggara, selamat dari maut. Mereka ditemukan tim Basarnas Ambon terombang-ambing di laut setelah longboat yang ditumpangi mengalami gangguan mesin.

Kepala Basarnas Ambon, Djunaidi, mengungkapkan, empat orang nelayan ini masing-masing Jasman Rahayaan (23), Duripa Updan (32), Dono Raharusun (18) dan Saneken (36). Mereka mengalami mati mesin di sekitar perairan Pulau Ut, Maluku Tenggara.

"Awalnya kami terima info tadi pukul 05.35 WIT dari keluarga korban yakni Hadija Rabrusun," ungkap Djunaidi, Minggu (10/1/2021).

Dalam laporan yang diterima, empat orang pemuda itu diketahui berangkat mencari ikan dini hari tadi, kemudian mengalami gangguan mesin pada pukul 05.01 WIT.

"Peristiwa mati mesin terjadi di sekitar pulau Ut pada titik koordinat duga 05 34.068' S – 132 40.203' E," jelasnya.

Mendapat laporan itu, tim SAR Pos Tual kemudian bergerak menuju lokasi pencarian menggunakan Kapal Negara SAR Bharata 242.

Upaya tim SAR membuahkan hasil. Empat orang nelayan tersebut ditemukan dalam kondisi selamat pukuk 07.40 WIT. Mereka ditemukan pada Koordinat 5° 34.156' S - 132° 40.853' E.

"Saat ditemukan para korban kemudian dievakuasi oleh KN. SAR Bharata menuju Tual dalam keadaan selamat," sebutnya.

Dengan ditemukannya korban dalam keadaan selamat dan telah dievakuasi, operasi SAR dinyatakan selesai dan diajukan permohonan untuk ditutup.

"Kpada unsur SAR yang terlibat diucapkan terima kasih," tandasnya.

Foto: Empat orang nelayan tampak selamat di atas KN Bharata milik Basarnas Ambon. (satumalukuID/Istimewa)

Penulis: Husen Toisuta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!