Sekilas Info

Kapolda Maluku Minta Awasi Penyalahgunaan Dana Desa dan Tambang Ilegal

satumalukuID/Husen Toisuta Kapolda Maluku Irjen Pol Refdi Andri saat memberikan pengarahan kepada personel di kantor Ditreskrimsus Polda Maluku, Mangga Dua, Kota Ambon, Rabu (6/1/2021).

satumalukuID- Kapolda Maluku Irjen Pol Refdi Andri, meminta personelnya untuk senantiasa mengawasi berbagai kasus kejahatan, khususnya penyalahgunaan dana desa dan pertambangan ilegal.

Menurutnya, penyalahgunaan dana desa atau anggaran dana desa marak terjadi di tengah masyarakat. Bahkan, kasus ini, telah menjadi perhatian serius dari Kapolri.

"Ada juga penyalahgunaan dana desa yang sekarang lagi marak di masyarakat. Dan itu juga termasuk dalam salah satu penekanan Kapolri dan anggota Polri harus hadir dan melakukan pengecekan penggunaan anggaran oleh pemerintah desa," pinta Kapolda dalam lawatannya di Kantor Ditreskrimsus Polda Maluku, Mangga Dua, Kota Ambon, Rabu (6/1/2021).

Selain korupsi dana desa, jenderal bintang dua Polri di Maluku ini juga meminta personel untuk mengawasi kekayaan sumber daya alam. Seperti pertambangan yang berpotensi membuka luas para penambang liar beroperasi secara ilegal.

"Maluku kaya dengan kekayaan alam. Antara lain pertambangan. Dan di situ banyak terjadi penambangan liar. Kita harus berusaha untuk memutus mata rantai antara pengepul dan penambang. Ini harus menjadi perhatian khusus bagi kita semua," tegasnya.

Olehnya itu, mantan Kakor Lantas Polri ini mengaku yakin, personel Krimsus Polda Maluku sudah dewasa dalam menjalankan tugas dan tanggungjawab. Personel juga diharapkan mampu memahami dan menjalankan roda organisasi.

"Yang saya yakini rekan-rekan sudah sangat dewasa dan memahami organisasi, serta menjalankan dinamika organisasi tersebut dan memberikan motifasi dan gambaran bagi orang orang di bawahnya supaya di pahami," harapnya.

Di sisi lain, orang nomor 1 Polda Maluku ini juga mengingatkan anak buahnya, agar mampu melihat isu global yang terjadi. Di antaranya tentang pangan, ekonomi dan kesehatan, saat ini.

"Yang diutamakan adalah kita harus pahami isu global yang berkembang di negara ini, antara lain juga isu pangan, isu ekonomi, dan isu kesehatan yang menjadi perhatian khusus untuk kita semua," pintanya.

Untuk diketahui, kedatangan Kapolda didampingi Karo Ops Kombes Pol Wantri Yulianto, Direktur Krimsus Kombes Pol Eko Santoso, Direktur Narkoba Kombes Pol Cahyo Hutomo, dan Kabid Propam Polda Maluku Kombes Pol Mohamad Syaripudin.

Penulis: Husen Toisuta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!