Sekilas Info

LAWAN COVID-19

7 RS dan 22 Puskesmas di Ambon Siap Jadi Lokasi Vaksin Covid-19

satumalukuID/Dok. Zairin Salampessy Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, drg. Wendy Pelupessy, pada sebuah wawancara sebelum pandemi Covid-19.

satumalukuID - Sebanyak tujuh (7) Fasilitas Peleyanan Kesehatan (Fasyankes) atau Rumah Sakit yang beroperasi di Kota Ambon, telah ditetapkan menjadi lokasi vaksinasi Covid-19. Selain 7 Fasyankes tersebut, ada juga 22 Puskesmas yang ikut pula ditetapkan sebagai lokasi vaksinasi.

Kepada wartawan di Balai Kota Ambon, Rabu (6/1/2021), Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, Wendy Pelupessy menyebutkan, segala fasilitas di lokasi dimaksud, dianggap sudah memadai untuk dilakukan vaksinasi Covid-19.

“Mengenai fasilitas yang ada, sampai sudah penetapan berarti memang sudah memadai. Kalau tidak memadai, tentu kita tidak tetapkan," tandas Wendy.

Dia katakan, sesuai Petunjuk Teknis (Juknis), maka masing-masing Puskesmas menyiapkan lima (5) tenaga kesehatan menjadi vaksinator. Sementara rumah sakit, harus menyediakan 10  vaksinator, juga dari tenaga kesehatan.

"Tujuh Fasyankes, itu antara lain RS dr Latumeten, RS Bhayangkara, RS Siloam, RSUP Leimena, dan lainnya saya lupa.  Tapi yang pasti ada 7 Fasyankes yang di luar Puskesmas. Satu Puskesmas akan menyediakan 5 orang vaksinator sesuai dengan Juknis dan RS itu 10 vaksinator,” papar Wendy.

Lebih lanjut Wendy berharap, agar seluruh masyarakat selalu mematuhi protokol kesehatan (prokes) ketika beraktivitas di luar rumah. Terutama memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak serta menghindari kerumunan,.

Sebab hanya dengan mematuhi protokol kesehatan, kemungkinan penyebaran Covid-19 dapat ditekan, atau mata rantainya bisa diputus.

Dia amengimbau, Prokes tetap kita jaga untuk menurunkan angka penularan kasus.

“Dan kita tetap menghimbau untuk masyarakat untuk tetap menerapkan 4M,” tutupnya.

Penulis: Tiara Salampessy
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!