Sekilas Info

LAWAN COVID-19

14.598 Tenaga Kesehatan Termasuk Sopir dan Cleaning Service di Maluku Siap Divaksin

satumalukuID/Husen Toisuta Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku, dr. Adonia Rerung.

satumalukuID- Tenaga kesehatan di 11 kabupaten/kota se Maluku siap divaksin Covid-19. Jumlahnya mencapai 14.598 orang. Ini sudah termasuk sopir dan cleaning service.

Juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku, dr. Adonia Rerung, mengungkapkan, vaksinasi terhadap tenaga kesehatan tak hanya kepada dokter, perawat dan sebagainya. Tapi semua yang bekerja pada fasilitas kesehatan.

"Tenaga kesehatan kan bukan cuma dokter dan yang lain, tetapi kaitannya dengan orang-orang yang bekerja di fasilitas kesehatan, baik sopir, cleaning service, administrasi, semuanya masuk kategori kesehatan," kata Rerung kepada wartawan di Kantor Gubernur Maluku, Kota Ambon, Rabu (6/1/2021).

Kepala Balai Kesehatan Paruh Provinsi Maluku ini mengaku, dari data yang masuk, kesiapan tenaga kesehatan di Maluku yang akan melakukan vaksin sejak 15 Januari 2021 mendatang, sudah mencapai 85 persen.

"Sesuai data yang saya dapat, ada 12.536 untuk provinsi. Data kontak terisi 12.103. Kemudian yang belum terisi 2.000 sekian. Jadi total yang sudah ini 14.598 atau mencapai sekitar 85 persen. Jadi ini menandakan teman-teman di Maluku sudah siap," sebutnya.

Sebagaimana rapat koordinasi bersama 34 Gubernur se-provinsi di Indonesia termasuk Maluku, Rerung menyebutkan, Presiden RI Joko Widodo mengaku distribusi vaksin ke daerah-daerah sudah memadai. Tinggal kesiapan masing-masing daerah dalam pelaksanaannya.

"Presiden sudah menjelaskan kalau vaksinasi di mulai minggu depan. Seperti yang sudah dirancang sebelumnya tanggal 13 (Januari 2021) secara serentak dilaksanakan. Dan untuk tingkat provinsi di Maluku rencananya tanggal 15," katanya.

Pada kesempatan itu, kata Rerung, Presiden sudah menjelaskan dalam vaksinasi nanti para pimpinan daerah bisa terlibat secara bersama-sama, dengan para tenaga kesehatan, maupun pejabat publik lainnya.

Penulis: Husen Toisuta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!