Sekilas Info

Diduga Korsleting Satu Unit Rumah Warga di Stain Ambon Ludes Terbakar

satumalukuID- Satu unit rumah warga milik Ali Salampessy yang berada di Kompleks Stain RT 04 RW 17, Desa Batu Merah, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, ludes terbakar, Selasa (5/1/2021).

Belum diketahui pasti penyebab kebakaran rumah pria 52 tahun ini. Tapi, diduga kuat, percikan api muncul akibat terjadinya hubungan arus pendek atau korsleting listrik, sejak pukul 18.35 WIT.

Kasubbag Humas Polresta Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease, Ipda Izaac Leatemia, kepada satumaluku.id membenarkan peristiwa kebakaran tersebut.

Menurut Leatemia, berdasarkan keterangan saksi Sarah Salampessy, yang mendiami rumah tersebut, mengaku awalnya ia melihat percikan api. Kala itu, wanita 29 tahun ini sedang bersama suaminya Ruslan Rolobessy (35) di dalam dapur.

Ibu rumah tangga itu hendak menyiapkan makanan untuk berjualan. Sebab, pada bagian depan rumah yang terbakar itu dijadikan sebagai tempat berjualan atau rumah makan.

"Tiba-tiba saksi melihat percikan api yang berasal dari sekren listrik bagian dapur," kata Leatemia mengutip keterangan saksi.

Melihat percikan api, ia bersama suaminya berusaha memadamkan api. Mereka melakukan penyiraman dengan air.

"Namun percikan api dengan cepat membesar sehingga saksi bersama anaknya berusaha untuk menyelamatkan diri," terangnya.

Senada, Ruslan Rolobessy, mengaku sempat mendengar suara bunyi disertai dengan percikan api yang berasal dari sekren listrik bagian dapur rumah naas itu.

"Kata saksi api dengan cepat sekali membesar, sehingga ia bersama istrinya berusaha untuk memadamkan api dengan cara menyiram dengan air seadanya, namun percikan api dengan cepat membesar sehingga saksi bersama istri dan anaknya berusaha untuk menyelamatkan diri," sebutnya.

Kebakaran itu membuat sejumlah warga sekitar berupaya memadamkan api dengan alat seadanya. Sayangnya, api sulit dijinakan. Salah satu faktornya yaitu sulitnya persediaan air.

"Enam mobil damkar tiba di TKP pukul 20.00 WIT. Kemudian bersama warga berusaha memadamkan kobaran api. Selanjutnya pada pukul 21.00 WIT, api berhasil dipadamkan," terangnya.

Leatemia mengaku dugaan sementara kebakaran dipicu akibat terjadinya hubungan arus pendek pada bagian dapur rumah.

"Rumah dan isinya hangus terbakar dan kerugian belum dapat dipastikan. TKP sudah dipasang Police Line dan direncanakan proses identifikasi akan dilakukan pada hari Rabu (besok)," tandasnya.

Foto: Satu unit rumah terbakar di Kompleks Stain, Desa Batu Merah, Kota Ambon, Selasa (5/1/2021). satumalukuID/Istimewa

Penulis: Husen Toisuta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!