Sekilas Info

LAWAN COVID-19

3.762 Tenaga Kesehatan di Kota Ambon Akan Divaksin Covid-19

satumalukuID- Sebanyak 3.762 orang tenaga kesehatan di Kota Ambon, sudah terdaftar untuk menjalani vaksinasi Covid-19, tahap pertama.

"Jadi tenaga kesehatan akan menjadi yang pertama peserta vaksinasi Covid-19 oleh pemerintah. Sesuai target sasaran yang akan ikut vaksinasi Covid-19 tahap pertama itu 3.762," kata Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy kepada wartawan di Balai Kota Ambon, Selasa (5/1/2021).

Menurutnya, para peserta vaksinasi berusia 18 sampai dengan 59 tahun. Vaksinasi akan berlangsung dalam tahap empat tahap. Pertama dan kedua dari Januari hingga April 2021. Sedangkan tahap ke tiga dan empat mulai dari April 2021 sampai Maret 2022.

"Untuk kota Ambon ini akan kita laksanakan seluruh mekanisme dalam empat tahap," terangnya.

Tahap pertama, lanjut Richard, yang akan divaksin dari tenaga kesehatan. Sementara tahap kedua kepada seluruh instansi pada bagian pelayanan publik selama mewabahnya pandemi Covid-19. Yaitu lingkungan Pemerintah, PLN, Telkom, TNI/Polri, maupun PDAM, dengan usia di atas 60 tahun.

"Saya dan pa Wakil ini kita masuk pada tahap kedua karena kita sudah di atas 60 tahun. Sementara pa Sekot karena usianya masih 59 tahun jadi kemungkinan antara bisa dan tidak ditahap kedua," ujarnya.

Mantan Ketua DPRD Maluku ini mengaku pihaknya saat ini sedang mencari fasilitas kesehatan, tempat vaksinasi di Kota Ambon.

"Kita sekarang sementara survey di mana tempat-tempat kesehatan yang bisa kita pakai untuk tempat pelaksanaan vaksinasi," ungkapnya.

Richard menambahkan, Sekertaris Kota Ambon, A.G Latuheru dalam waktu dekat akan melakukan rapat koordinasi dengan seluruh instansi terkait yang bergerak di bidang pelayanan publik seperti PLN, Telkom, Perbankan, termasuk tokoh agama dan masyarakat. Ini untuk membicarakan persiapan vaksinasi.

"Kita akan undang semuanya. Dan koordinasi awal oleh pak Sekot supaya semua mempersiapkan diri untuk vaksinasi. Bagaimana kesiapan kita untuk infrastruktur kita sudah siap, tim dokternya kita sudah siap, bahkan kita juga sudah membentuk tim dokter ahli untuk mengantisipasi kemungkinan yang terjadi," tandasnya.

Politisi partai Golkar ini mengaku optimis, vaksin Covid-19 akan berdampak baik untuk seluruh masyarakat di Kota berjuluk Manise ini.

"Saya begitu optimis jika semua yang kita lakukan dan sudah persiapkan dengan baik, pasti juga akan berjalan dan berdampak baik untuk kita," harapnya.

Foto: Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy (tengah), Wawali Syarif Hadler (kanan) dan Sekot A.G Latuheru, saat memberikan keterangan kepada wartawan di Balai Kota Ambon, Senin (5/1/2021). satumalukuID/Husen Toisuta

Penulis: Husen Toisuta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!