Sekilas Info

LAWAN COVID-19

Kadinkes Maluku: Tenaga Kesehatan Divaksin Duluan, Masyarakat Jangan Takut

satumalukuID- Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Provinsi Maluku, dr. Meykal Pontoh, mengaku, seluruh tenaga kesehatan di seluruh Indonesia, termasuk Provinsi Maluku akan divaksinasi duluan dengan vaksin Sinovac yang tiba di Ambon, Senin (4/1/2021).

Setelah penyuntikan dilakukan tahap pertama oleh seluruh tenaga medis, Pontoh meminta seluruh masyarakat Maluku untuk tidak takut dengan proses vaksinasi.

"Kalau misanya orang kesehatan sudah melakukan vaksinasi, diharapkan masyarakat juga jangan ketakutan. Setelah tenaga kesehatan, nanti masuk ke (petugas) pelayanan publik," kata Pontoh kepada wartawan di Ambon, Senin (4/1/2021).

Menurutnya, vaksin yang datang hari ini berjumlah 15.120 vial. Rencananya, belasan ribu botol vaksin sinovac ini disuntikan kepada 14.135 orang tenaga kesehatan.

"Ini diperuntukan tahap pertama tenaga-tenaga kesehatan sebanyak 14.135 orang," katanya.

Kapan belasan ribu botol vaksin didistribusikan di 11 kabupaten/kota di Maluku, Pontoh mengaku pihaknya masih menunggu arahan dari Kementerian Kesehatan.

"Yang jelas direncanakan secara serentak itu pada 14 Januari 2021 dilakukan vaksinasi awal untuk tenaga kesehatan di seluruh Indonesia," sebutnya.

Pontoh menyebutkan, apabila arahan dari Kementerian misalnya pada tanggal 8 sampai dengan 10 Januari 2021, vaksin sudah harus tiba di kabupaten/kota, maka setiap daerah tersebut sudah harus mendistribusikan kepada petugas kesehatan, baik di Puskesmas maupun Rumah Sakit.

"Yang jelas pada saat penyuntikan nanti atau vaksinasi nanti, vaksin-vaksin ini sudah harus ada di Fasilitas kesehatan, karena nanti akan digunakan oleh tenaga kesehatan," ujarnya.

Pontoh menghimbau kepada masyarakat agar tidak takut divaksinasi. Buktinya, tenaga kesehatan yang akan mencoba duluan. Sebab, mereka merupakan garda terdepan melawan virus pandemi tersebut.

"Kenapa orang kesehatan yang didahulukan, karena orang kesehatan ini ada di garda terdepan. Sehingga diharapkan dengan adanya penyuntikan atau vaksinasi ini, orang-orang kesehatan bisa sehat, sehat walafiat, karena artinya tidak terpapar, bisa mencegah penularan," jelasnya.

Untuk diketahui, sebanyak 15.120 vial atau botol Vaccine Covid-19 Sinovac, tiba di Kota Ambon, Senin (4/1/2021).

Belasan ribu vaksin tiba di Bandara Pattimura Ambon menggunakan maskapai penerbangan Batik Air ID 6170, pukul 07.00 WIT.

Masuknya barang kesehatan milik negara ini dikawal ketat aparat Polda Maluku yang dipimpin langsung oleh Karo Ops, Kombes Pol Antonius Wantri, dan Direktur Lalu Lintas Polda Maluku, Kombes Pol Rahmat Hakim.

Vaksin virus mematikan itu dijemput dari Terminal kargo Bandara Pattimura Ambon. Kemudian dikawal menuju Gudang Penyimpanan Dinas Kesehatan Provinsi Maluku.

Foto: Tampak Kadis Kesehatan Provinsi Maluku dr. Meykal Pontoh (tengah) menerima vaksin Covid-19 Sinovac, Senin (4/1/2021): satumalukuID/Istimewa

Penulis: Husen Toisuta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!