Sekilas Info

1.000 Titik WiFi Gratis akan Disebar di Sejumlah Wilayah Kota Ambon Hingga Tahun 2022

satumalukuID/Tiara Salampessy Balai Kota Ambon

satumalukuID - Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon menargetkan pemasangan 1.000 titik wifi id tabea gratis bagi warga kota Ambon rampung pada tahun 2022.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Diskominfosandi) Kota Ambon, Joy Reiner Adriaanzs, Pemkot Ambon bekerja sama dengan PT Telkom melakukan pemasangan wifi id tabea gratis bagi warga Kota Ambon.

"Wifi gratis merupakan kerja sama Pemkot Ambon dan PT Telkom mewujudkan Ambon smart city," katanya di Ambon, Kamis, (31/12/2020).

Ia mengatakan kerja sama tersebut untuk "smart" RT/RW yang dimulai di 100 titik, yakni satu desa atau kelurahan dua titik.

Saat ini, katanya, telah ada 30 titik koordinat, dan PT Telkom sementara memasang Optical Distribution Port (ODP) dan dilanjutkan penyambungan jaringan.

"Diharapkan minggu kedua Januari 2021 telah diaktifkan.Untuk titik yang telah aktif kerja sama dengan Lintasarta yakni di kawasan di Pohon Pule, Kelurahan Ahusen, " ujarnya.

Joy mengakui selama ini akses internet khususnya jaringan wifi baru sebatas kawasan perkantoran dan pusat pendidikan, sedangkan fasilitas umum belum terjangkau masyarakat secara gratis.

"Masyarakat terutama para pelajar dan mahasiswa kesulitan mengakses internet gratis, sehingga harus ke warnet dan mengeluarkan biaya tidak sedikit, sehingga kita berupaya menyiapkan akses wifi id gratis," katanya.

Sebelumnya ada 11 lokasi yang diuji coba dari 15 titik di kota Ambon di antaranya tribun lapangan Merdeka, area Kantor KONI kota Ambon, monumen Pattimura, taman Pattimura, taman depan balai kota, parkiran balai kota, lokasi kantor Kecamatan Nusaniwe, Sirimau, Baguala dan Teluk Ambon.

Selain itu, di taman Patung Leimena, taman Karpan, kuliner Tapal Kuda, pantai Amahusu, kantor Disdukcapil dan halaman DPRD Kota Ambon.

Baca Juga

error: Content is protected !!