Sekilas Info

Raja Negeri Kilang Ambon Lantik Rihulay sebagai Kepala Soa Ukurusyane

satumalukuID/Istimewa

satumalukuID - Kepala Pemerintahan (Raja) Negeri Kilang kecamatan Leitimur Selatan Kota Ambon, Michael A.H.P de.Queljoe mengukuhkan Richard Rihulay sebagai Kepala Soa Ukurusyane (Soa Raja), Rabu (30/12/2020).

Pengukuhan Rihulay berlangsung secara adat di Teung Raja dan Kemudian diantar ke Teung Rihulay. Ia menggantikan Kepala Soa sebelumnya, David Desilo.

Proses pengukuhan dilakukan oleh Maueng (Pandita Adat) dan selanjutnya dilantik oleh Raja secara resmi di kantor Negeri Kilang.

Menurut de Queljoe, dalam tradisi adat, Kepala Soa adalah Raja Kecil yang memiliki wilayah kekuasaan dan di Negeri Kilang terdapat tiga soa.

Namun untuk dua lainya, kepala Soa-nya masih dipertahankan lantaran keduanya adalah asli keturunan Mata Rumah Kepala Soa.

Proses pengukuhan dan pelantikan ini dihadiri oleh Ketua BPD dan Staf Pemerintah Negeri dengan tetap gunakan protokol kesehatan yakni menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan.

Raja Negeri Kilang dalam arahan nya mengatakan, jabatan Kepala Soa adalah jabatan turun temurun dari moyang-moyang terdahulu, untuk itu tradisi budaya adat ini wajib dilestarikan hingga anak cucu kita.

De Queljoe berharap, Rihulay sebagai Kepala Soa yg baru kiranya mampu beradaptasi dengan kondisi masyarakat serta yang terpenting adalah melayani, bukan dilayani. Jadilah pelayan masyarakat dan mampu berkordinasi dengan semua perangkat negeri maupun BPD dan juga pemerintah daerah.

"Beta tetap turuti aturan adat yang ada, karena itu seluruh kesiapan anak-anak Soa menuju proses pengukuhan budaya adat di Negeri Kilang harus tetap di lestarikan," ujar de Queljoe.

Sementara itu, mantan Kepala Soa David Desilo mengatakan, setelah dilantiknya raja definitif maka seluruh budaya adat di Negeri Kilang wajib dikembaliń∑an ke tradisi aslinya. Sehingga diharapkan Kepala Soa yang baru dapat melanjutkan dan melestarikannya. (SM-05)

Penulis: SM-05
Editor:Novi Pinonton

Baca Juga

error: Content is protected !!