Sekilas Info

Promosi Pariwisata, Kapolda Maluku Minta Masyarakat Tertib Berlalu Lintas

satumalukuID/Istimewa Kapolda Maluku Irjen Pol Refdi Andri saat menerima kunjungan silaturahmi dari Jasa Raharja Maluku, Senin (28/12/2020).

satumalukuID- Kapolda Maluku Irjen Pol Refdi Andri, meminta masyarakat untuk tertib berlalu lintas. Ini sebagai bentuk dukungan dalam mempromosikan pariwisata di Maluku.

"Bagaimana kita mau mempromosikan potensi wisata dan lainnya yang ada di Maluku kalau daerah kita masih belum tertib lalulintas," kata Refdi Andri saat menerima kunjungan silaturahmi dari staf Kantor Jasa Raharja Maluku di ruang kerjanya, Mapolda Maluku, Kota Ambon, Senin (28/12/2020).

Meski baru bertugas di Maluku, Refdi berharap, sinergitas dan kerja sama yang selama ini sudah terbangun tetap terjaga dengan baik.

Refdi mengaku, saat melakukan blusukan di sejumlah daerah, banyak terlihat aktifitas lalu lintas masih semrawut. Begitu juga tanda rambu dan petunjuk lalu lintas belum terpasang dengan baik.

"Bahkan ada jalur rawan tertentu yang tidak ada rambu lalu lintasnya," kata Orang nomor 1 Polda Maluku ini.

Menurutnya, Kota Ambon harus menjadi barometer untuk 10 kabupaten/kota di Maluku sebagai contoh daerah yang kamseltibcar lantas.

"Jika kota Ambon ini tertib lalulintas maka akan di contohi kabupaten lain yang ada di Maluku," terangnya.

Mantan Kakor Lantas Polri ini mengaku
sebelum konflik kemanusiaan berkecamuk, Kota Ambon merupakan daerah yang tertib dan nyaman dalam berlalu lintas.

"Setelah konflik sosial pada beberapa waktu yang lalu membuat semuanya menjadi tidak stabil," jelasnya.

Dia menyebutkan, situasi Maluku saat ini mulai berkembang dan maju, meski ketaatan masyarakat terhadap lalulintas sangat jauh dari harapan.

"Kami mengajak semua pihak kalau sebelumnya Maluku tertib lalulintas maka saat ini Maluku harus lebih tertib lagi dari yang dulu. Ini menjadi tanggung jawab kita bersama dengan menata ketertiban lalulintas yang lebih baik lagi," harapnya.

Terkait dengan data kecelakaan lalulintas, Jenderal Bintang Dua Polri di Maluku itu juga berharap agar segera divalidkan antara Jasa Raharja dan Polda Maluku.

"Data harus sudah falid antara yang ada di Jasa Raharja dan yang ada di Kepolisian. Olehnya itu petugas di lapangan dalam melaksanakan pelayanan harus lebih jeli dalam melihat permasalahan yang ada sehingga yang dilakukan sesuai prosedur dan ketentuan," pintanya.

Penulis: Husen Toisuta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!