Sekilas Info

MOMENTUM PERAYAAN NATAL

Bupati Maluku Tenggara Berbagi Kasih dengan Warga Ohoi di Kecamatan Kei Kecil Timur dan Selatan

Foto: Siprianus Yanyaan/ant Bupati Thaher Hanubun berbagi kasih dengan warga di berbagai ohoi, desa di Maluku Tenggara.

satumalukuID - Bupati Maluku Tenggara M Thaher Hanubun bersama jajaran memanfatkan momentum perayaan Natal 2020 menyambangi desa (ohoi) di daerah tersebut untuk berbagi kasih dengan warga masyarakat. Pada kesempatan tersebut, Bupati memberikan sembako dan uang tunai untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di ohoi.

Kegiatan "road show" tersebut dimulai  dari Kecamatan Kei Kecil Timur Selatan, yang dipusatkan di Ohoi Elar Lamagorang (kampung baru) dan di Kecamatan Kei Kecil Timur yang dipusatkan di Ohoi Rumat.

"Kami ingin bersilatuhrim dengan warga yang merayakan Natal sekaligus upaya menjawab harapan dan keinginan warga ohoi serta komitmen Pemkab Malra  membangun daerah ini. Bingkisan berupa sembako ini tidak seberapa. Jangan dilihat dari nilainya, namun ini sentuhan kasih dari kami," ujarnya saat memberikan sembako kepada warga gereja.

Bupati mengatakan, kebutuhan dan keinginan masyarakat di dua kecamatan itu lebih banyak terkait air bersih dan perumahan, jalan desa, dan rumah ibadah. Karena itu, Pemda melalui instansi teknis dapat melihat dan mengupayakan sesuatu untuk menjawab hal tersebut.

Kedepan, lanjutnya, setiap persoalan pembangunan di ohoi harus dilaporkan kepada Pemda melalui kecamatan, kemudian kepada dirinya selaku kepala daerah agar cepat ditindaklanjuti.

"Program pemerintah untuk membantu warga di ohoi sering tidak tepat sasaran, bahkan pembangunannya bermasalah, maka perlu ada kerjasama yang baik antarsemua elemen," katanya.

Bupati berharap setiap ohoi juga dapat membuat satu inovasi pembangunan yakni "one village one inovation", sama halnya yang diharapkan kepada setiap OPD dimana harus ada satu inovasi.

"Selama masa pemerintahan, saya akan berupaya dengan ketersediaan anggaran yang ada menyelesaikan sejumlah pembangunan di wilayah ini, terutama seperti jalan, air bersih, listrik, perumahan dan tempat ibadah." tandasnya.

Air bersih di Ohoira

Dalam kunjungan berbagi kasih, Bupati Thaher juga menyelesaikan persoalan air bersih di ohoi Ohoira, kecamatan Kei Kecil Barat.

"Air bersih menjadi kebutuhan vital masyarakat, oleh karena itu pemerintah daerah atau pribadi-pribadi orang berkewajiban membantu masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan tersebut," katanya.

Bupati pun menggunakan uang pribadinya senilai Rp30 juta untuk diserahkan kepada Kepala Ohoi (desa) Ohoira, agar pelayanan air bersih kembali bisa dinikmati seluruh masyarakat di desa itu.

"Yang saya dengar adalah soal air bersih, jadi kepala Ohoi Ohoira dan perangkat bersama Camat KKB, saya berharap selesaikan persoalan air bersih sekarang ini juga, tidak boleh bilang besok. anggap saja Rp30 juta yang saya berikan hari ini adalah hadiah Natal bagi masyarakat Ohoi Ohoira," katanya.

Bupati lebih jauh meminta  pelayanan kesehatan di Kei Kecil Barat ditingkatkan, apalagi sudah ada Kepala Puskesmas baru dan penambahan fasilitas ambulance laut.

Di akhir pertemuan, dia menyerahkan bingkisan sembako kepada perangkat kecamatan dan ohoi yang hadir sebagai bingkisan Natal, sebelum melanjutkan perjalanan ke Ohoi Wab, Kecamatan Hoat Sorbay dengan agenda yang sama (berbagi kasih).

Baca Juga

error: Content is protected !!