Sekilas Info

BNNP Maluku Musnahkan Narkotika Jenis Sinte Seberat 46,9 Gram

satumalukuID/Husen Toisuta Plh Kepala BNNP Maluku Mintje Jacoba (tengah) tampak membakar barang bukti narkotika jenis Sinte di Markas BNNP Maluku, Kota Ambon, Senin (28/12/2020).

satumalukuID- Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Maluku memusnahkan barang bukti penyitaan narkotika jenis Sinte seberat 46,9529 gram.

Pemusnahan narkotika golongan satu ini berlangsung di Markas BNNP Maluku, Karang Panjang, Kota Ambon, Senin (28/12/2020).

Pelaksana Harian (Plh) Kepala BNNP Maluku, Mintje Jacoba, mengatakan, pemusnahan barang bukti Sinte merupakan sisa dari hasil penyitaan yang ditemukan sebanyak tiga paket seberat 52,6989 gram.

"Sinte yang dimusnahkan seberat 46,9529 gram. Ini merupakan sisa dari 52,6989 gram yang ditemukan. Sisanya disisihkan untuk pengujian laboratorium," kata Mientje membaca sambutan Kepala BNNP Maluku, Brigjen Pol. M. Z. Muttaqien.

Barang bukti Sinte tembaku ini, kata Mientje, ditemukan berdasarkan hasil kerja sama BNNP Maluku dengan Bea Cukai Ambon. Zat adiktif itu diamankan di salah satu jasa pengiriman ekspedisi di tiga tempat berbeda di Kota Ambon, Oktober 2020 lalu.

"Narkotika jenis Sinte ini dikirim dari Makassar melalui jasa pengiriman J&T Ekspres Ambon," tambahnya.

Bahan kimia berbahaya itu baru disita petugas setelah kurang lebih 2 bulan ditunggu, pemiliknya tak kunjung datang mengambilnya.

"Akhirnya petugas mengamankan barang bukti, melakukan pengujian laboratorium dan meminta penetapan penyitaan dari Kejaksaan Negeri Ambon untuk dimusnahkan," sebutnya.

Menurutnya, peredaan narkotika di Maluku masih cukup tinggi. Olehnya itu untuk mengantisipasi peredaran dan penyalahgunaan narkotika, sangat dibutuhkan peran serta semua elemen masyarakat.

"Mari bersama mengedukasi generasi muda supaya tidak terjerumus dan terlibat dengan barang haram ini (narkotika) yang akan merusak masa depan generasi anak bangsa," ujarnya.

BNNP Maluku mengajak semua komponen bangsa untuk menyatakan perang terhadap narkoba. Hidup 100% sadar, sehat, produktif dan bahagia tanpa narkoba.

"Mari wujudkan masyarakat Maluku yang Bersinar atau Bersih dari Narkoba," pintanya.

Penulis: Husen Toisuta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!