Sekilas Info

Polda Maluku Akan Sterilkan Gereja Jelang Ibadah Natal

SatumalukuID- Seperti tahun lalu, aparat Kepolisian Daerah Maluku akan melakukan sterilisasi di sejumlah gereja, tempat ibadah umat Nasrani di Kota Ambon.

Kapolda Maluku Irjen Pol Refdi Andri, mengatakan, sterilisasi rumah ibadah dilakukan agar pelaksanaan ibadah Natal tahun 2020 ini bisa berjalan aman, tenang dan khusyuk.

Sterilisasi rumah ibadah termasuk dalam rangkaian operasi Lilin Siwalima 2020, yang bekerjasama dengan TNI dan Pemerintah Daerah Provinsi Maluku, serta sejumlah pihak terkait lainnya.

"Dalam operasi ini kami akan melakukan sterilisasi di tempat-tempat ibadah," kata Refdi Andri di Ambon, Kamis (24/12/2020).

Selain itu, pihaknya juga akan menyiapkan tempat cuci tangan dan menghimbau masyarakat untuk senantiasa menggunakan masker, dan selalu menjaga jarak.

"Kami juga akan melakukan penyemprotan disinfektan di dalam gereja," ungkapnya.

Mantan Kakor Lantas Polri ini mengatakan para tokoh agama  sudah sepakat mengurangi jumlah jemaat dalam pelaksaan ibadah Natal dan Tahun Baru nanti. Termasuk meniadakan konvoi, pesta kembang api, open house atau berbagai kegiatan yang menimbulkan kerumunan massa.

"Ini sudah menjadi komitmen dari Pemerintahan Daerah dan para tokoh-tokoh agama," ujarnya.

Refdi mengaku pihaknya juga sedang melaksanakan pengamanan ekstra di berbagai tempat seperti pelabuhan, bandara, tempat rekreasi dan sejumlah sarana keramaian lainnya.

"Kita melaksanakan pengamanan ekstra kepada masyarakat, tempat-tempat rekreasi itulah menjadi target operasi Kita," ujarnya.

Orang nomor 1 Polda Maluku ini juga menyampaikan terima kasih kepada Pemerintahan Daerah yang sudah mendukung tugas Kepolisian dalam menjaga Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas).

"Harapan saya kepada rekan-rekan yang media agar dapat menginfokan kepada seluruh masyarakat, agar selalu menjaga Kamtibmas dalam pelaksanaan Natal dan Tahun Baru," harapnya.

Foto: Kapolda Maluku Irjen Pol Refdi Andri. (satumalukuID/Husen Toisuta)

Penulis: Husen Toisuta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!