Sekilas Info

NATAL DAN TAHUN BARU

Polda Maluku Kerahkan 2.000 Personel Amankan Natal dan Tahun Baru

satumalukuID/Husen Toisuta Gubernur Maluku didampingi Kapolda Maluku melakukan pengecekan pasukan operasi Lilin Siwalima 2020. Pengecekan melalui apel gelar pasukan berlangsung di Lapangan Polda Maluku, Letkol CHR Tahapary, Kota Ambon, Senin (21/12/2020).

satumalukuID- Amankan perayaan Natal, 25 Desember 2020 dan Tahun Baru, 1 Januari 2021 mendatang di Provinsi Maluku, Kepolisian Daerah Maluku mengerahkan sebanyak 2.000 personel gabungan.

Ribuan personel yang terdiri dari TNI, Polri, Pemerintah Daerah dan instansi terkait lainnya resmi dikerahkan melalui apel gelar pasukan pengamanan Operasi Lilin dengan sandi Siwalima 2020.

Apel gelar pasukan kesiapan pelaksanaan Operasi Lilin Siwalima dipimpin inspektur Gubernur Maluku Murad Ismail, yang berlangsung di Lapangan Polda Maluku, Letkol CHR Tahapary, Tantui, Kota Ambon, Senin (21/12/2020).

Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis, dalam sambutannya yang dibacakan Gubernur Maluku sebagai inspektur apel, mengatakan kegiatan ini merupakan sarana untuk pengecekan akhir kesiapan personel pengamanan Natal dan Tahun Baru. Baik pengecekan personil maupun peralatan yang digunakan dalam operasi nanti.

"Olehnya itu polri menyelenggarakan operasi lilin selama 14 hari, mengedepankan preentif dan preventif dengan penegakan hukum yang tegas dalam rangka mencegah ancaman kejahatan dan penyebaran covid-19. Sehingga masyarakat dapat merayakan Natal dan Tahun Baru dengan nyaman dan damai," katanya.

Melalui mapping dan analisa yang telah dilaksanakan pada beberapa waktu lalu, diprediksi akan ada ancaman yang harus diantisipasi. Di antaranya ancaman teroris, sabotase, kriminal umum, tauran antar warga masyarakat, kecelakaan transportasi serta bencana alam.

"Olehnya itu disampaikan kepada para kasatwil agar harus mampu mengambil keputusan yang bijak dan efektif dalam mengatasi permasalahan yang dihadapi," pintanya.

Untuk diketahui, setelah berakhirnya apel gelar pasukan, Kapolda Maluku didampingi Direktur Lalulintas menerima penyerahan 100 unit alat barikade jalan dari Kepala Jasa Raharja Maluku. Kemudian dilanjutkan dengan pelepasan personil dan kendaraan patroli gabungan TNI Polri bersama dinas terkait selama operasi lilin Siwalima 2020.

"Saya berterima kasih kepada Pak Gubernur, Pak Pangdam, Danlantamal, Danlanud dan semua mitra kerja kita bersama-sama, beliau (Gubernur) sebagai inspektur yang membuka bagaimana kesiapan pasukan kita ini dalam rangka mengamankan Natal dan Tahun Baru," kata Kapolda Maluku Refdi Andri, kepada wartawan usai apel gelar pasukan di Lapangan Letkol CHR Tahapary, Kota Ambon, Senin (21/12/2020).

Pengamanan Natal dan Tahun Baru, bagi Refdi merupakan agenda besar di penghujung tahun 2020. Sehingga pelaksanaan pengamanan bukan hanya menjadi tugas Polri, namun semua pihak dan seluruh elemen masyarakat.

"Polda Maluku bersama-sama semua perkuatan pengamanan, agar kedamaian bisa dirasakan oleh masyarakat kita, khususnya menjelang Natal, selama Natal, setelah Natal dan Tahun Baru nantinya," harap Refdi.

Ia mengungkapkan, jumlah personel gabungan yang dikerahkan untuk mengamankan Natal dan Tahun Baru di Maluku cukup banyak. Aparat yang dikerahkan dari TNI, Polri, dan Pemerintah Daerah.

"Jumlah personel yang dilibatkan cukup banyak, kurang lebih hampir 2.000 orang. Kita bersama lapisan termasuk Pol Pp dari pemerintah daerah, dinas perhubungan, pramuka, pemadam kebakaran, lengkap semua," katanya.

"Semua unsur menggelorakan supaya masyarakat kita damai di penghujung tahun ini dan mudah-mudahan nanti tidak ada hal-hal negatif yang kita rasakan sampai tahun 2021 nanti," harapnya.

Penulis: Husen Toisuta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!