Sekilas Info

LAWAN COVID-19

Silaturahmi Bersama MUI Maluku, Kapolda Ingatkan Prokes Covid-19

satumalukuID/Istimewa Kapolda Maluku Irjen Pol Refdi Andri (kiri) tampak berbincang dengan Ketua MUI Maluku Ustadz Abdullah Latuapo (kanan), di Kantor MUI Maluku, Kota Ambon, Jumat (18/12/2020).

satumalukuID- Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Maluku Inspektur Jenderal Polisi Refdi Andri, kembali menemui tokoh agama. Tujuannya untuk bersilaturahmi, sekaligus memperkenalkan dirinya yang baru bertugas sebagai Kapolda Maluku.

Setelah menemui pengurus Sinode GPM, Orang nomor 1 Polda Maluku itu terus melanjutkan perjalanan hari ini dengan mendatangi Pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Maluku di kantornya, Kapaha, Kota Ambon, Jumat (18/12/2020).

Kapolda tidak sendiri. Kedatangannya yang disambut langsung Ketua MUI Maluku, Ustadz Abdullah Latuapo dan staf, ini didampingi Karo Ops, Direktur Intelkam, Binmas, Sabhara, dan Kabid Humas Polda Maluku.

"Maksud kunjungan kami ke sini untuk bersilaturahmi yang selama ini terjalin dengan baik," kata Kapolda Refdi Andri.

Refdi mengaku baru menjabat selama kurang lebih 3 minggu di Provinsi Maluku, daerah Para Raja-Raja. Olehnya itu, dia memohon dukungan doa, maupun tindakan untuk bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) yang semakin kondusif.

Di awal kedatangannya, Refdi mengaku langsung bergerak mengunjungi sejumlah kabupaten di Maluku, khususnya empat daerah penyelenggara Pilkada serentak 2020 yaitu Kepulauan Aru, Maluku Barat Daya, Buru Selatan, dan Seram Bagian Timur.

"Insya Allah sampai saat ini kondisi keamanan di empat daerah pelaksanaan Pilkada tersebut berjalan dengan aman dan lancar, sesuai dengan apa yang kita harapkan," katanya.

Terlepas dari pengamanan Pilkada, mantan Kakor Lantas Polri ini, menyampaikan pihaknya sedang melaksanakan Operasi Lilin Siwalima menjelang perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

"Yang mana dalam pelaksanaan-pelaksanaan ibadah, kita terapkan protokol kesehatan. Karena kita masih dilanda pandemi Covid-19," katanya.

Berada di tengah wabah mematikan ini, jenderal bintang dua Polri itu mengingatkan kepada MUI Maluku agar senantiasa memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak, dan menjauh dari kerumunan.

"Untuk perayaan malam Tahun Baru, pelaksanaan pawai dan pelaksanaan-pelaksanaan open house ditiadakan. Saya mengajak semua komponen tokoh agama agar dapat membantu pihak kepolisian dalam menjaga Kamtibmas di Maluku ini," pintanya.

Kedatangan Kapolda Maluku beserta sejumlah pejabat utama Polda Maluku, merupakan sebuah kehormatan bagi MUI Maluku.

"Kami sangat berterimah kasih dengan kedatangan Bapak Kapolda bersama pejabat utama Polda Maluku. Tali silaturahmi yang kita jalani ini telah berjalan dengan baik, baik dari Polda Maluku maupun Kodam XVI/Patimura, maupun stakeholder dari Pemerintah Daerah," kata Ketua MUI Maluku Ustadz Abdullah Latuapo.

Latuapo, yang juga merupakan dosen di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon, mengaku selama ini setiap terdapat permasalahan, pihaknya kerap mencari solusi jalan keluar, bersama tokoh agama maupun semua pihak terkait.

"Apabila ada permasalah-permasalahan yang terjadi di masyarakat, kita bersama-sama dari tokoh-tokoh agama melaksanakan koordinasi dan berkomunikasi mencari jalan keluar agar segalanya dapat diselesaikan," terangnya.

Penulis: Husen Toisuta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!