Sekilas Info

Morotai Kembali Terima Innovative Government Award dari Kemendagri

satumalukuID/Istimewa
satumalukuID - Untuk ketiga kalinya, sejak tahun 2018, Kabupaten Pulau Morotai kembali meraih predikat kabupaten terinovatif, untuk kategori Daerah Perbatasan, dalam ajang Innovative Government Award (IGA) 2020, yang digelar Kementerian Dalam Negeri.
Penghargaan tersebut diteruma langsung Bupati Pulau Morotai, Benny Laos di Hotel Sultan, Jakarta Jumat (18/12/2020). Morotai merupakan satu-satunya daerah di Maluku Utara yang masuk dalam ajang tahunan yang diselengggarakan Kemendagri tahun ini.
Saat penyerahan penghargaan ada IGA 2020 ini, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian berharap agar even tersebut, mampu menjadi ajang untuk menciptakan iklim yang kompetitif dalam hal terobosan dan inovasi daerah, guna merespon berbagai tantangan dan perubahan zaman yang kian dinamis dan serba cepat.
“Kita semua tahu, dunia kita ini dinamis sekali, bergerak sangat cepat, apalagi dengan adanya globalisasi, kemudian perubahan revolusi di bidang informasi, teknologi, ini membuat dunia bergerak sangat dinamis, dan yang paling berhasil adalah mereka yang berhasil melakukan langkah inovatif, tidak hanya business as usual, biasa-biasa saja," ujarnya.
Keterangan yang didapat redaksi satumaluku.id, Minggu (19/12/2020) menyebutkan, dalam hal inovasi, Pemda Morotai dinilai telah melakukan kerja kolektif dan terobosan di berbagai bidang, terutama dalam pelayanan publik, tata kelola pemerintahan, maupun penyelenggaraan urusan pemerintah daerah.
Ada sekitar 45 program inovatif dalam tahun 2020 di antaranya, Jalan Tani; BAPERAN (Bantuan Pendampingan Rujukan Pasien); BALAP (Bantuan Pengelolahan Lahan Pertanian); LARIS (Layanan Transportasi Gratis); dan E- Data.
Kedepan, Pemda Morotai mendorong semua OPD untuk terus menghasilkan inovasi. Bukan semata-mata berlomba, tapi menjawab tantangan jaman. Seperti kata Mendagri, Tito Karnavian, “Pemda yang bergerak penuh kreativitas, membuat langkah-langkah terobosan, itu yang akan membuat berhasil dibanding yang biasa-biasa saja/ regular”.
Penulis: Tiara Salampessy
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!