Sekilas Info

INDONESIA DIGITAL CONFERENCE

Operator Seluler Butuh Dukungan Pemda untuk Tingkatkan Akses Internet di Desa

satumalukuID/Istimewa

satumalukuID -  Direktur Network Telkomsel Hendri Mulya Sjam mengatakan proses pembangunan infrastruktur untuk meningkatkan akses internet untuk mendukung digitalisasi di Indonesia, tantangannya adalah membangun transmisi lokal, yang cukup mahal di Kawasan Timur Indonesia, yakni di Maluku dan Papua.

”Pembangunan tower di Papua tidak mudah karena harus membawa besi,” kata Hendri, saat diskusi “Digitalisasi Nusantara” Indonesia Digital Conference (IDC) 2020, yang digelar Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI), Rabu (16/12/2020).

Lantaran itu, menurut Hendri, operator seluler memerlukan bantuan pemerintah daerah (Pemda) dalam mempercepat pembangunan infrastruktur, untuk meningkatkan akses internet di desa-desa di Indonesia.

“Bantuan yang diperlukan dengan menyediakan infrastruktur pendukung seperti tanah dan listrik. Dua hal ini krusial dalam proses pembangunan infrastruktur untuk meningkatkan akses internet untuk mendukung digitalisasi di Indonesia,” ujarnya.

Itu sebabnya, menurut Hendri, Telkomsel mencoba bekerja sama dengan beberapa instansi untuk menekan biaya pembangunan infrastruktur. Ia mencontohkan untuk membangun infrastruktur di Papua perlu membagun tower ke sejumlah daerah di Papua.

“Hanya Telkomsel yang mampu membangun di area tersebut dan memiliki kewajiban karena itu 65 persen milik Telkom. Sehingga di pedalaman Papua, hampir semua harus memakai satelite link,” ungkap Hendry.

Saat ini, kata dia, masih ada 7000-8000 desa yang harus dibangun infrastruktur digital ke depan.

“Program itu yang akan dilakukan, harapannya  bisa membantu seluruh rakyat Indonesia mendapatkan akses internet dengan menggunakan jaringan seluler di desa,” tuturnya.

Dalam diskusi yang dimoderatori Pemimpin Redaksi Kompas.com Wisnu Nugroho, Hendri menambahkan harapannya pembangunan digital broadband akan memudahkan masyarakat pedesaan untuk akses informasi.

“Sehingga Indonesia tumbuh dari desa akan bisa terealisasi,” ujarnya.

Penulis: Tiara Salampessy
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!