Sekilas Info

Temui Wakapolda Maluku Raja Kilang Bicara Kamtibmas 2021

satumalukuID/Istimewa Wakapolda Maluku, Brigjen Pol Jan de Fretes (kanan) dan Raja Negeri Kilang, Michael de Queljoe (kiri) di ruang kerja Wakapolda Maluku, Kota Ambon, Senin (14/12/2020).

satumalukuID- Raja Negeri Kilang, Michael de Queljoe bersama sejumlah stafnya, datang menemui Wakil Kepala Polda Maluku, Brigjen Pol Jan de Fretes di ruang kerjanya, Markas Polda Maluku, Kota Ambon, Senin (14/12/2020).

Kedatangan Raja Kilang bersama staf Negeri di Kecamatan Leitimur Selatan, Kota Ambon ini untuk bersilaturahmi, sekaligus membicarakan terkait keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) tahun 2021 mendatang.

"Kami menyampaikan terima kasih kepada bapak Wakapolda Maluku atas kesempatannya dapat bersilaturahmi dan menerima kami," ungkap Michael dalam pertemuan itu.

Tahun 2021 mendatang, Michael mengaku pihaknya akan melakukan sejumlah kegiatan terkait pemeliharaan kamtibmas. Sejumlah kegiatan tersebut akan berkolaborasi dengan Bhabinkamtibmas.

"Beberapa kegiatan masyarakat Negeri Kilang pada tahun 2021 diantaranya dalam hal pemeliharaan kamtibmas dengan meningkatkan sinergi antara Bhabinkamtibmas dan pemerintah Negeri Kilang," ungkapnya.

Menanggapi sejumlah program kegiatan mengenai kamtibmas di Negeri Kilang tahun 2021 mendatang, Wakapolda Maluku Jan de Fretes sangat menyambut baik.

"Kami juga mengucapkan selamat datang di Polda Maluku kepada Raja Negeri Kilang beserta staf negeri," katanya.

Selain kamtibmas, jenderal bintang 1 Polri itu juga berharap agar setiap permasalahan yang terjadi di tengah masyarakat Kilang, agar dapat diselesaikan secara baik, dengan menjunjung tinggi adat istiadat setempat.

"Permasalahan-permasalahan yang ada didalam negeri hendaknya diselesaikan secara baik, dapat juga diselesaikan dengan cara musyawarah dengan mendasari kearifan lokal/adat istiadat negeri," harapnya.

Sebagai Raja Negeri Kilang yang baru, Wakapolda juga meminta untuk senantiasa bekerja secara baik demi kepentingan masyarakat yang sudah dititipkan.

"Bapak Raja yang baru harus bekerja untuk kepentingan negeri. Jabatan yang telah dipercayakan oleh masyarakat negeri hendaknya tidak disalahgunakan," pintanya.

Orang nomor 2 Polda Maluku itu juga mengingatkan kepada Raja Kilang agar tidak menyelewengkan atau melakukan korupsi terhadap anggaran dana desa. Anggaran tersebut harus dipergunakan sesuai dengan program yang telah ditetapkan pemerintah.

"Bapa raja dan seluruh perangkat negeri harus bisa mensejahterakan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia di negeri Kilang," sebutnya.

Yang terpenting, lanjut de Fretes, kamtibmas harus tetap terjaga. Bhabinkamtibmas tidak akan mampu bekerja secara baik tanpa dukungan pemerintah desa.

"Dalam memelihara kamtibmas, Bhabinkamtibmas membutuhkan dukungan pemerintah Negeri Kilang dalam menghimbau masyarakat menjaga situasi kamtibmas sehingga terciptanya kamtibmas yang aman dan kondusif," terangnya.

Menurutnya, apabila kamtibmas kondusif, maka persoalan mengenai pembangunan dan kemajuan negeri akan lebih mudah ditingkatkan.

"Hendaknya dikoordinasikan dengan pemerintah kota Ambon. Usahakan potensi-potensi yang ada bisa dikelola dengan baik untuk kemajuan dan kesejahteraan negeri," tandasnya.

Penulis: Husen Toisuta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!