Sekilas Info

Kapolda Maluku Akui Pilkada Aman Karena Kebersamaan

satumalukuID- Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) menunggu perhitungan suara dan penetapan pemenang oleh KPUD. Situasi pasca pencoblosan Rabu (9/12/2020) lalu, hingga kini aman dan damai. Kapolda Maluku sendiri mengakui keamanan tercipta karena adanya kebersamaan.

Usai bertemu Gubernur Murad Ismail, Kapolda Maluku Irjen Pol Refdi Andri, menyebutkan, sejak bertugas di daerah ini, dia langsung mendatangi empat wilayah penyelenggara Pilkada. Yaitu Kabupaten Kepulauan Aru, Maluku Barat Daya, Buru Selatan dan Seram Bagian Timur.

Di sana, kata Refdi, pihaknya kemudian bekerja bersama secara optimal. Berbagai langkah strategi dilakukan bersama antara kepolisian, pemerintah daerah, semua pasangan calon bupati-wakil bupati, penyelenggara dan pengawas pilkada, termasuk masyarakat. Tujuannya agar pesta demokrasi lima tahunan ini berjalan sesuai yang diinginkan bersama, yakni aman, lancar, tertib, jujur, adil dan damai.

"Kita juga sudah maksimal bersama TNI dan semua aparat pengamanan sebagai mitra kita di lapangan. Sehingga kebersamaan itu, kita lihat hasilnya sampai saat ini tidak ada riak-riak, semua bisa berjalan dengan sangat baik," ungkapnya.

Selain dari sisi pengamanan Pilkada, mantan Kakor Lantas Polri ini juga mengaku kebersamaan serupa pun sukses menerapkan protokol kesehatan secara baik.

"Termasuk kita memberlakukan protokol kesehatan juga dengan sangat baik, termasuk kalau kita lihat partisipasi pemilih dalam Pilkada ini berlangsung baik," terangnya.

Dengan keberhasilan pengamanan Pilkada, termasuk penegakan protokol kesehatan, Refdi menyebutkan hal itu bisa menjadi gambaran untuk penerapan pengamanan serupa pada perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

"Kita berharap apa yang dilakukan secara bersama-sama itu, akan memberikan gambaran terhadap bagaimana nanti kita menyambut Natal dan Tahun Baru. Sehingga semua bisa berjalan lebih baik lagi dan Maluku ini berkontribusi untuk Nasional. Ini yang menjadi harapan kita," harapnya.

Foto: Kapolda Maluku Irjen Refdi Andri tampak memberikan keterangan pers kepada wartawan di teras kantor Gubernur Maluku, Kota Ambon, Senin (14/12/2020). (satumalukuID/Istimewa)

Penulis: Husen Toisuta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!