Sekilas Info

PILKADA 2020

Takut Dicurangi, Pendukung Paslon KAKA Geruduk Kantor KPU Kepulauan Aru

satumalukuID- Para pendukung pasangan calon (Paslon) bupati - wakil bupati, Timotius Kaidel - Lagani Karnaka, geruduk kantor KPU Kabupaten Kepulauan Aru, di Kota Dobo, Sabtu (12/12/2020).

Kedatangan para pendukung paslon berakronim KAKA ini untuk mengawal proses perhitungan suara Pilkada Kepulauan Aru. Mereka khawatir akan terjadinya kecurangan perhitungan surat suara hingga berimbas kekalahan paslon nomor urut 02 tersebut.

"Kami hadir di sini untuk mengawal proses perhitungan suara karena kami khawatir terjadi kecurangan dalam proses perhitungan surat suara yang berimbas pada kekalahan calon bupati dan wakil bupati kami nomor urut dua" kata sejumlah pendukung KAKA.

Kehadiran para pendukung KAKA ini sempat diwarnai aksi unjuk rasa. Bahkan sempat terjadi ketegangan karena salah satu anggota partai Golkar pengusung KAKA, Stan Suarlembit tidak diijinkan masuk di ruang tempat perhitungan suara.

Situasi tambah tegang saat salah satu pendukung pasangan bupati - wakil bupati Johan  Gonga - Muin Sogalrey diduga mengeluarkan kata sindiran. "kalau sudah kalah ya kalah saja," kata pria itu yang membuat sejumlah orang emosi.

Beruntung, petugas kepolisian dan TNI yang mengamankan kawasan kantor KPU sigap hingga tidak berujung pada terjadinya tindakan Anarkis.

Di sisi lain, KPU Kepulauan Aru  hingga kini belum mengumumkan siapa pemenang Pilkada 2020. Pemenangnya akan disampaikan berdasarkan hasil rapat pleno kecamatan dan kabupaten.

"Kami masih lakukan tahapan perhitungan atau rekapitulasi. Yang jelas KPU Kabupaten Kepulauan Aru memastikan tidak terjadi kecurangan dalam perhitungan Surat suara," kata salah satu staf KPU Aru yang enggan menggunakan identitasnya.

Foto: Para pendukung KAKA tampak melakukan pengawalan perhitungan suara di Kantor KPU Kepulauan Aru, Dobo, Sabtu (12/12/2020). (satumalukuID/Istimewa)

Penulis: Husen Toisuta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!