Sekilas Info

Bentrokan Warga di Ambon Diselesaikan secara Damai, Jelang Natal akan Ada Dialog dengan Tokoh Agama

indonesiakaya.com Lokasi Gong Perdamaian Dunia di Kota Ambon yang menjadi sumber pendapata asli daerah Dinas Pariwisata Provinsi Maluku.

satumalukuID - Kapolda Maluku Irjen Pol Refdi Andri mengatakan aparat kepolisian berusaha melakukan langkah persuasif dalam menyelesaikan bentrokan warga di Kota Ambon.

Dia berharap berbagai peristiwa yang terjadi di luar daerah seperti Jakarta tidak akan membawa dampak terhadap masalah gangguan keamanan di wilayah ini.

"Soal keamanan Kota Ambon, sangat kondusif dan aksi bentrokan antara warga di kawasan IAIN Ambon maupun perkelahian antara pemuda di OSM juga sudah diselesaikan oleh Kapolresta secara damai," ungkap Kapolda Maluku, Jumat (11/12/2020).

Baca: Polisi Lepas Tembakan Peringatan Bubarkan Massa Bentrok yang Menggunakan Parang di IAIN Ambon

Penegasan Kapolda disampaikan usai melakukan kunjungan silaturahmi dengan Ketua DPRD Maluku, Lucky Wattimury serta Wakil Ketua DPRD setempat, Melkianus Sairdekut dan Efendy Latuconsina.

"Siapa pun yang melakukan hal itu kita berikan pemahaman tentang arti pentingnya kedamaian dan sama-sama menjaga situasi keamanan serta ketertiban masyarakat di kota ini," tegasnya.

Tentu Polda berharap hal serupa jangan terjadi lagi di kemudian hari, karena bagaimana pun situasi seperti ini akan merugikan daerah sendiri maupun mengganggu persatuan dan kesatuan yang sudah terbangun dengan sangat kaut ini.

"Sejauh ini bagaimana pun kalau dilihat masyarakat kita sudah sangat peduli akan masalah keamanan baik secara umum maupun khusus," ucap Kapolda.

Menjelang perayaan Natal, Polda juga akan mengadakan pertemuan dengan pendeta, para pemuka masyarakat, dan tokoh adat maupun pemuda agar semuanya bisa berkontribusi pada saatnya.

Dia juga berharap mudah-mudahan segala sesuatu yang terjadi pun di luar Ambon dan Maluku ini tidak akan membawa dampak keamanan yang terganggu di sini.

"Kalau menyangkut indikasi kotak amal untuk teroris, tidak ada hal seperti itu sampai hari ini berdasarkan hasil penelusuran kita, tetapi tentunya dari waktu ke waktu akan dilakukan penilaian serta dampak analisa situasi apa pun yang terjadi," timpal Kapolda.

Baca Juga

error: Content is protected !!