Sekilas Info

PILKADA 2020

Quick Count SDI: Safitri Malik Soulisa Akan Ganti Suaminya di Bursel dan Jadi Kepala Daerah Perempuan Pertama di Maluku

satumalukuID - Sejak awal sudah diprediksi sebagai calon kuat pada Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Buru Selatan (Bursel) Provinsi Maluku, Safitri Malik Soulisa akhirnya selangkah lagi akan menggantikan suaminya Tagop Sudarsono Soulisa sebagai Bupati daerah tersebut, berdasarkan hasil hitung cepat (quick count).

Selain itu, bila sudah dilantik nantinya, maka Safitri akan membuat sejarah baru pemerintahan karena menjadi kepala daerah perempuan pertama di Provinsi Maluku yaitu sebagai Bupati Bursel periode 2021-2026.

Pasalnya, dalam Pilkada Bursel yang dilaksanakan Rabu 9 Desember 2020, sesuai hasil quick qount oleh lembaga survei Sinergi Data Indonesia (SDI), pasangan calon bupati dan wakil bupati Safitri Malik Soulisa -Gerson Eliaser Selsily unggul atas dua pasangan calon lainnya.

Menurut Vicky Hamzah dari SDI kepada wartawan di Ambon, Rabu (9/12/2020), pasangan Safitri-Gerson memperoleh 42,18 persen suara. Sedangkan Hadji Ali - Zainudin Booy meraih 32,88 persen serta Abdurrahman Soulisa - Elisa Ferianto Lenusa merebut 24,94 persen suara.

"Tingkat partisipasi pemilih mencapai 83,31 persen. Data sampel yang masuk sebanyak 89,11 persen dari 12 desa dan 6 kecamatan. Dari data ini tingkat kesalahan atau sampling error hanya kurang lebih 1 persen," ungkap Vicky Hamzah.

Meskipun hasil hitung cepat Safitri - Gerson yang bernomor urut 3 unggul. Namun masih harus menunggu proses perhitungan manual dan keputusan penetapan pemenang oleh KPU Bursel.

Di Pilkada Bursel tersebut, Safitri - Gerson didukung 10 partai politik yaitu PDIP, Demokrat, Perindo, PAN, Berkarya, PKPI, PKB, PBB, PSI dan PKS.

Safitri bersama suaminya adalah kader PDIP. Ia sebelumnya juga pernah menjadi anggota DPRD Maluku dari daerah pemilihan (dapil) Bursel.

Sementara itu, walaupun Safitri - Gerson nanti sudah ditetapkan sebagai pemenang oleh KPU Bursel. Tetapi belum bisa langsung dilantik, karena harus menunggu masa jabatan suaminya berakhir pada 22 Juni 2021 mendatang.(Rommer Tahapary/NP)

Baca Juga

error: Content is protected !!