Sekilas Info

PILKADA 2020

Kapolres Buru Perintahkan Personel Pengamanan Jaga Ketat Kotak Suara Pilkada

satumalukuID- Kapolres Pulau Buru, AKBP. Egia Febri Kusumawiatmaja, memerintahkan personel pengamanan untuk menjaga ketat kotak suara sejak didistribusikan dari KPU ke TPS hingga proses Pilkada di Kabupaten Buru Selatan berakhir.

Permintaan pengawalan kotak suara secara ketat ini disampaikan dalam apel pengecekan dan kesiapan personel Polres Pulau Buru dan BKO Polda Maluku, di Gedung Serbaguna, Namrole, Kabupaten Buru Selatan, Minggu (6/12/2020).

Egia menyampaikan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Buru Selatan akan mendistribusikan kotak suara dan kertas suara di tiga kecamatan. Yaitu Kecamatan Leksula, Fena Fafan dan Kepala Madan.

"Seluru personel Pam TPS selalu melekat dengan kotak suara dari KPU ke tempat TPS dan sampai dengan selesai pencoblosan hingga kembali ke Kantor PPK Kecamatan," pinta Egia.

Menurut Egia, pengamanan Pilkada merupakan tugas mulia. Perwira dua melati di pundaknya ini meminta setiap personel dapat menjaga netralitas. Dia juga menekankan untuk senantiasa menjalankan tugas dengan penuh rasa tanggungjawab.

"Tugas kita adalah tugas mulia sehingga diharapkan kepada seluruh personil melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab serta menjaga netralitas kita sebagai anggota polri," pintanya.

Untuk diketahui, jumlah personel pengamanan yang dikerahkan sebanyak 431 anggota. Diantaranya Pengamanan TPS; 201 anggota, Patroli Rayonisasi; 105 anggota, Siaga KPU/Bawaslu; 100 anggota, Pamatwil/Bamatwil di Kecamatan; 18 anggota dan Siaga Polair: 7 anggota.

Terpisah, sekitar pukul 18.25 WIT dilakukan apel pelepasan personel pengamanan dan 87 kotak suara di atas dermaga Pelabuhan Namrole.

Logistik pilkada dibawa menuju Kecamatan Kepala Madan; 35 kotak suara dan 1 Kotak PPK, Kecamatan Leksula; 40 kotak suara dan 1 kotak PPK, Kecamatan Fena Fafan; 12 kotak suara dan 1 kotak PPK, serta kebutuhan Pilkada lainnya.

Selain itu, juga didistribusikan APD pencegahan Covid-19. Terdiri dari asker kain, face shield, semprotan, tisu tuwel, sarung tangan plastik, tempat air berkeran dan ember, disinfektan, handsenitazer, sabun cuci tangan, sarung tangan karet, masker, tisu, dan thermo gun.

"Terima kasih kepada pihak Polres Pulau Buru yang telah menepatkan personil pengamanan dalam mengawal kotak suara dari Kantor KPU serta penempatan personil pada setiap TPS," kata Ketua KPU Syarif Mahulauw di Pelabuhan Namrole.

Syarif berharap, pendistribusian logistik Pilkada dapat berjalan dalam keadaan aman sampai dengan kembalinya lagi di Kantor KPU.

Untuk diketahui, pelaksanaan pergeseran pasukan ke masing-masing Kecamatan dibagi tiga. Yaitu personil Pengamanan TPS di Kecamatan Leksula dan Kepala Madan berangkat menggunakan KMP. Bukit Mandala. Sedangkan personil Pengamanan TPS di Kecamatan Fena Fafan menggunakan satu unit speedboat.

Foto: Proses pendistribusian personel pengamanan dan logistik pilkada di Pelabuhan Namrole, Buru Selatan, Minggu (6/12/2020). (satumalukuID/Istimewa)

Penulis: Husen Toisuta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!