Sekilas Info

LAWAN COVID-19

Pemda Maluku Secara Bertahap Buka Kembali Aktivitas Perekonomian dalam Kondisi Pandemik

satumalukuID/Istimewa Gubernur Maluku Murad Ismail.

satumalukuID - Gubernur Maluku Murad Ismail menyebutkan, pemerintah daerah (pemda) secara bertahap membuka kembali aktivitas perekonomian, jalur transportasi, jasa usaha dan perdagangan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19, diantaranya menggunakan masker, mencuci tangan pada air mengalir, serta menjaga jarak.

Pernyataan tersebut disampaikan Gubernur Murad, pada Pertemuan Tahunan Bank Indonesia di Kota Ambon, Kamis (3/12/2020).

Dia katakan, perekonomi Maluku diperkirakan dapat tumbuh lebih baik

dibanding tahun 2020. Sehubungan dengan hal tersebut, lanjut dia, maka pemerintah harus mengoptimalkan realisasi belanja APBD serta realisasi APBN, terutama yang terkait belanja transfer dari pusat untuk penanganan Covid-19 antara lain bantuan kesehatan,sosial dan pemulihan ekonomi.

“Sejalan dengan perbaikan ekonomi yang terjadi di Indonesia, maka ekonomi Maluku mulai menunjukan perbaikan, Ini tercermin dari angka pertumbuhan ekonomi Maluku yang membaik secara triwulanan,” terangnya.

Menurut Murad, kinerja ekonomi Maluku tercatat tumbuh sebesar 0,83 persen pada triwulan III 2020, lebih baik dibandingkan dengan triwulan II 2020 yang terkontraksi 2,69 persen. 

“Saya berharap kondisi ekonomi Maluku dapat tumbuh positif pada akhir tahun 2020, dan terus kembali pulih pada tahun 2021," harap Murad.

Pada kesempatan tersebut, Murad menyampaikan apresiasi kepada Bank Indonesia, atas dukungan dan kerjasamanya dengan pemerintah daerah dalam peningkatan perekonomian daerah, serta pemulihan perekonomian daerah, akibat dampak Covid-19 di daerah Maluku.

Penulis: Tiara Salampessy
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!