Sekilas Info

Bank Indonesia Bantu Petugas Kebersihan Kota Ambon yang Terdampak Covid-19

satumalukuID/Istimewa Pemberian bantuan sembako kepada para petugas kebersihan di Balai Kota Ambon, Sabtu (5/12/2020).

satumalukuID- Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Maluku memberikan bantuan berupa sembako kepada petugas kebersihan di Kota Ambon. Penyerahan bantuan berlangsung di Balai Kota Ambon, Sabtu (5/12/2020).

Secara simbolis bantuan diberikan Deputi Bank Indonesia, Lukman Hakim, kepada Asisten Pemerintahan, Mientje Tupamahu mewakili Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy. Juga kepada Luzia Izaak, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Persampahan Kota Ambon. Bantuan selanjutnya dibagikan kepada para petugas kebersihan.

Deputi Bank Indonesia, Lukman Hakim, menyampaikan, pemberian bantuan kepada masyarakat di Kota Ambon merupakan salah satu kontribusi Bank Indonesia untuk mengurangi dampak Covid-19.

"Bantuan ini diberikan kepada rekan-rekan kita yang berpenghasilan rendah. Jadi, bantuan yang diberikan ini adalah bantuan dari Ikatan Pegawai Bank Indonesia atau IPBI," ungkap Lukman.

Menurutnya, bantuan sembako kepada masyarakat berpenghasilan rendah yang diserahkan merupakan patungan sebagian gaji dari seluruh pegawai Bank Indonesia di Tanah Air.

"Kami dari pegawai di seluruh Indonesia selama beberapa bulan terakhir menyisihkan sebagian gajinya untuk diberikan kepada seluruh masyarakat Indonesia yang terkena dampak Covid 19, termasuk kami dari perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku," jelasnya.

Dia menyebutkan, sembako yang diberikan kepada masyarakat di Kota Ambon berjumlah 500 paket.

"Kami juga memberikan bantuan kepada masyarakat mulai dari Pensiunan, Cleaning service, dan yang paling banyak menerima bantuan dari 500 paket sembako adalah di Kota Ambon yaitu bapak-bapak petugas kebersihan," terangnya.

Lukman menilai bantuan banyak diberikan kepada petugas kebersihan di Kota Ambon. Mengingat perannya sangat vital dan tidak pernah berhenti meski di tengah mewabahnya virus pandemi.

"Kami menyadari bahwa peran dari petugas kebersihan sangat vital untuk menjaga Kota Ambon senantiasa sehat, bersih, rapih dan indah. Selain itu juga kami berikan bantuan kepada tukang ojek dan tukang becak yang ada di Kota Ambon," terangnya.

Meski bantuan yang diberikan tidak seberapa, tapi diharapkan pemberian tersebut bisa sedikit membantu beban masyarakat, serta dapat memotivasi para petugas agar tetap semangat dalam bekerja membersihkan Kota Ambon.

"Bantuan yang kami berikan berupa beras 10 kg, minyak goreng 5 liter, susu kaleng, teh, telor dan gula. Kami harapkan bantuan itu bisa memberikan semangat terutama kepada petugas kebersihan untuk tetap bekerja dengan baik," tandasnya.

Sementara itu, Asisten Pemerintahan Kota Ambon, Mientje Tupamahu, memberikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh pegawai Bank Indonesia. Pemerintah Kota Ambon juga menyampaikan terimakasih atas perhatian Bank Indonesia kepada para petugas kebersihan di Kota ini.

"Atas nama Pemerintah Kota Ambon kami menyampaikan terima kasih karena begitu besar perhatiannya terutama yang disampaikan pak Lukman bahwa ini merupakan bantuan dari seluruh pegawai. Itu sesuatu yang luar biasa yang perlu kita juga contoh," kata Tupamahu

Bantuan sembako bagi Tupamahu selain peduli meringankan beban masyarakat terdampak Covid-19, namun di sisi lain sudah memberikan perhatian khusus kepada para petugas kebersihan.

"Dampak ini juga membawa satu hal terpuruk bagi masyarakat yang kecil terutama teman-teman petugas kebersihan karena mereka ini juga ujung tombak karena melakukan pekerjaan sehari-sehari," ujarnya.

Menurutnya, peran petugas kebersihan sangat penting. Meski diberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Ambon, tapi mereka tidak pernah berhenti bertugas membersihkan kota berjuluk Manise ini.

"Mereka tidak pernah tidak melaksankan tugas, dalam segala situasi ini. Itu merupakan apresiasi (dalam bentuk bantuan) yang luar biasa," sebutnya.

Mientje mengaku tidak bisa membayangkan kondisi Kota Ambon jika para petugas kebersihan tidak bekerja.

"Terima kasih kepada bapak ibu petugas kebersihan dan terutama Bank Indonesia. Semoga yang diberikan BI bisa menjadi motivator bagi motivasi diri terutama kepada petugas kebersihan untuk lebih semangat lagi bekerja," tandasnya.

Penulis: Husen Toisuta
Editor:redaksi

Baca Juga

error: Content is protected !!