Sekilas Info

LAWAN INTOLERANSI

Sikapi Maraknya Isu Intelorensi di Tanah Air, Pemkot Ambon Gelar Dialog Lintas Agama

satumalukuID- Banyak isu intoleransi beredar dan meresahkan masyarakat di Kota Ambon. Untuk menepisnya,  Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, di waktu dekat akan menggelar dialog lintas agama secara virtual.

Kegiatan yang didukung langsung oleh Wali Kota Richard Louhenapessy ini akan dilakukan pada Selasa (8/12/2020) mendatang. Bahkan, Menteri Agama RI, Fachrul Razi, rencananya juga akan datang membuka dan sebagai pembicara.

Selain Menteri Agama, turut hadir sejumlah tokoh agama Nasional maupun lokal lainnya. Yaitu, Imam besar Masjid Istiqlal Jakarta Nasaruddin Umar, Sekretaris PGI Pendeta Jacky Manuputty, dan Mgr Tri Harsono mewakili Ketua KWI.

Sejumlah petinggi Maluku juga dilibatkan sebagai pembicara. Diantaranya Wakil Ketua DPD RI, Nono Sampono, Kapolda Maluku, Irjen Pol Refdi Andri dan sebagai moderator yaitu Abidin Wakanno.

"Silaturahmi dan dialog lintas agama final dilaksanakan Selasa 8 Desember. Lewat dukungan pak Wali Kota, beberapa tokoh agama sudah siap menjadi narasumber," kata Plt Kabag Kesra Ambon, Fenly Masawoy, Jumat (4/12/2020).

Dialog tersebut, kata Fenly, merupakan momentum yang sangat baik. Sebab, belakangan ini di tanah air banyak isu intoleransi mulai marak didengungkan dari sekelompok orang. Olehnya itu peran tokoh agama sebagai pembicara sangat penting untuk menjaga kerukunan masyarakat. Mengingat semenjak Covid-19, pertemuan lintas agama dan dialog sangat minim.

"Kota Ambon salah satu kota dengan tingkat kerukunan tertinggi di Indonesia. Sehingga wadah seperti ini jadi kebutuhan, bukan sekedar slogan, tapi harus terus dipelihara, dibangun," jelasnya.

Fenly menyebutkan, kegiatan ini diharapkan bisa merangkul para tokoh agama, sehingga program Pemerintah terkait menjaga kerukunan antara umat beragama selalu didukung.

"Panitia siapkan doorprize bagi peserta yang menjadi penanya terbaik. Selain itu peserta juga bisa mengirim pesan damai baik lewat zoom meeting, live streaming Facebook Tabea dan YouTube Pemkot. Pesan-pesan yang menarik akan kita berikan voucher pulsa," sebutnya.

Dia berharap, kegiatan yang membawa pesan damai antara umat beragama ini berjalan lancar. Di samping itu, dia juga berharap para tokoh agama sebagai pembicara semuanya bisa hadir.

"Kegiatan itu diharapkan dihadiri seluruh tokoh-tokoh agama, para pendeta, imam masjid, ketua-ketua majelis, dan pemuka agama, tokoh masyarakat, lembaga keagamaan, angkatan muda, remaja masjid. Termasuk partisipasi perguruan tinggi agama bahkan nasional," pungkasnya.

Penulis: Husen Toisuta
Editor:Embong

Baca Juga

error: Content is protected !!