Sekilas Info

PILKADA 2020

Fachri – Arobi Unggul Tipis dari Mukti – Idris di Seram Timur, Ini Kata JSN

satumalukuID/Husen Toisuta Direktur JSN, Riyanda Barmawi saat memaparkan hasil survey Pilkada SBT kepada wartawan di Ambon, Kamis (3/12/2020).

satumalukuID- Pasangan Calon (Paslon) Bupati-Wakil Bupati Seram Bagian Timur (SBT), Fachri Husni Alkatiri-Arobi Kelian diprediksi menang dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020. Mereka unggul tipis dari Abdul Mukti Keliobas-Idris Rumalutur. Sementara di urutan ketiga ada Rohani Vanath-Muhamad Ramly Mahu.

Paslon berslogan FAHAM menang setelah lembaga Jaringan Survey Nusantara (JSN) melakukan survey terhadap warga SBT yang sudah menikah atau berusia di atas 17 tahun. Survey dilakukan sejak tanggal 15-25 November 2020.

"Survei menggunakan metode stratified random sampling dan cluster random sampling (multistage random sampling) dengan 600 responden. Margin of error 4.1%, dengan tingkat kepercayaan 95%," kata Direktur JSN, Riyanda Barmawi kepada wartawan di Ambon, Kamis (3/12/2020).

Riyanda mengatakan, sample yang disurvey berjumlah 600 orang dan terbagi secara proporsional ke semua kecamatan di SBT. Responden terpilih, diwawancarai secara langsung menggunakan responden.

"Untuk menjaga kualitas data, JSN melakukan quality control dengan cara mendatangi kembali 20% dari responden yang diwawancarai. Waktu pengumpulan data tanggal 15-25 November 2020," ungkapnya.

Menurutnya, sebanyak 93% pemilih di SBT sudah mengetahui jika di bulan Desember 2020 akan dilakukan pemilihan Bupati-Wakil Bupati. Sedangkan 93% lagi sudah masuk DPT.

Seandainya pemilihan dilaksanakan hari ini, maka FAHAM berpeluang menang. Mereka unggul tipis dari Mukti-Idris. Sementara Rohani-Ramly, berada di urutan ketiga.

"Tingkat elektabilitas Fachri-Arobi 35,4 persen, Mukti-Idris 32,2 persen dan Rohani-Ramly 18,5 persen.Fachri-Arobi dan Mukti–Idris bersaing
ketat. Rohani-Ramly dibawah 20 persen," katanya.

Selain itu, pandangan masyarakat terkait tingkat kepuasan kinerja Bupati di bawah 50%. Dimana masyarakat merasa sangat puas atau cukup puas berada pada angka 46,9%. Sementara kurang puas atau tidak puas sama sekali 45,4%.

"Sementara untuk kinerja Wakil Bupati (Fachri), masyarakat yang sangat puas atau cukup puas pada angka 53,4%. Sementara kurang puas atau tidak puas sama sekali 35,1%," terangnya.

Dikatakan, masyarakat yang menginginkan kembali petahana sebanyak 39,5%, sedangkan yang tidak menginginkan 32,2%.

"Mukti-Idris paling populer di tengah masyarakat. Sementara Fachri-Arobi paling disukai masyarakat," jelasnya.

Menurutnya, pasangan Fachri dan Arobi unggul dalam survei terbaru JSN di SBT. Sebagai petahana Mukti Keliobas di urutan kedua. Petahana dengan elektabilitas dibawah 40%. Sehingga sangat terbuka potensi petahana yaitu Abdul Mukti
Keliobas, kalah.

"Pasangan lainnya Rohani dan Ramly berada di urutan ketiga dengan dukungan berjarak di atas 10% dengan Mukti dan Fachri. Tingkat kepuasaan terhadap Bupati rendah di bawah 50%. Tingkat menginginkan kembali di bawah 50%," tandasnya.

Penulis: Husen Toisuta
Editor:Embong

Baca Juga

error: Content is protected !!